Indeks Saham Makin Dekati Rekor Tertinggi

Lantai bursa.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia terus mencoba untuk mendekati level tertinggi sepanjang sejarah di level 4.193,44. Rekor tertinggi indeks tersebut dicatatkan pada 1 Agustus 2011.

Pada akhir transaksi hari ini, Senin, 2 April 2012, indeks saham di bursa domestik menguat 44,5 poin (1,08 persen) ke posisi 4.166,07. 

Volume transaksi mencapai 20,34 juta lot senilai Rp6,4 triliun. Sebanyak 162 saham menguat dan 97 saham melemah. Selama perdagangan hari ini, IHSG sempat menyentuh level tertinggi 4.168,74.

"Indeks berhasil menguat signifikan didorong pengumuman BPS terkait data inflasi yang rendah," kata analis PT Panin Sekuritas Tbk, Purwoko Sartono di Jakarta, hari ini.

Selain data inflasi, menurut dia, pasar juga merespons positif pengumuman kinerja emiten tahun buku 2011. Pasca penundaan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), investor masih terus melakukan pembelian di pasar, sehingga indeks mampu menguat signifikan di atas satu persen.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

"Investor asing juga kembali menjadi pendorong kenaikan indeks," ujarnya.

Purwoko menjelaskan, di tengah ancaman aksi ambil untung, indeks masih berpeluang untuk mendekati level 4.200. Indeks saham di BEI diperkirakan bergerak pada kisaran support 4.126 dan resistance 4.189 pada perdagangan besok, Selasa 3 April 2012.

Saham-saham yang masih dapat menjadi pilihan dan mendongkrak kenaikan indeks di antaranya PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Jababeka Tbk (KIJA), PT Panin Bank Tbk (PNBN), dan PT Bank Danamon Tbk (BDMN), jika suspensi dicabut.

Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024