Ruang Perkantoran

Kawasan Elit Simatupang Kelebihan Pasokan

Gedung Perkantoran
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Pasokan properti perkantoran di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, rawan kelebihan pasokan dalam dua tahun mendatang. Wilayah yang diprediksi bakal jadi kawasan elit baru ini tengah diserbu pengembang-pengembang besar dengan mendirikan gedung pencakar langit.

"Saat ini sedang dibangun 4-5 gedung baru, tentunya ini berat bila tak dibarengi permintaan yang tinggi," kata Senior Research Manager Knight Frank Indonesia Hasan Pamudji dalam perbincangan dengan VIVAnews, 4 April 2012.

Lembaga konsultan properti elit ini menyatakan, dalam dua tahun, saat gedung-gedung baru jadi, pasokan perkantoran di wilayah itu akan meningkat dua kali lipat menjadi 800 ribu meter per segi.  "Saya pikir nanti akan over supply," katanya.

Hasan mengatakan, permintaan kantor di wilayah itu lebih banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan perminyakan yang menginginkan integrasi dengan perusahaan-perusahaan pendukung yang telah lama berada di situ. "Tak semua perusahaan menginginkan di wilayah yang baru tumbuh ini," katanya.

Kemacetan dan kurangnya infrastruktur menjadi alasan utama wilayah TB Simatupang. "Kawasan ini sering macet, terutama saat jam sibuk. Sementara alternatif transportasi tak ada, kecuali tol," katanya.

Meski demikian, wilayah ini memiliki kelebihan dibandingkan yang lain. Tersedianya kawasan hunian mewah di kawasan itu membuat para pemilik perusahaan mempertimbangkan memboyong kantor ke TB Simatupang agar dekat dengan tempat tinggal.

Tak terpengaruh BBM

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Meningkatnya harga bahan bangunan akibat rencana kenaikan harga bahan bakar minyak yang tak jadi, tak membuat harga sewa perkantoran meningkat. Ini berbeda dengan perumahan yang telah menaikkan harga sekitar 5-15 persen.

Para pengelola gedung justru jauh lebih tertekan bila yang naik tarif listrik. "Ini langsung akan menaikkan harga sewa perkantoran," ujar Hasan. (umi)

Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024