Indonesia Pasar Terbesar Selandia Baru

PM Selandia Baru John Key dan Menteri Gita Wirjawan
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Indonesia merupakan pasar terbesar ke 10 dunia bagi Selandia Baru dengan nilai Rp6,53 triliun per Desember 2011. Indonesia merupakan tujuan ekspor setelah Australia, Amerika Serikat, Jepang, China, Inggris, Korea Selatan, dan Taiwan. Selain masuk 10 terbesar dunia, Indonesia juga menjadi tujuan ekspor terbesar di Asia Tenggara.

Nilai perdagangan Selandia Baru-Indonesia juga melonjak tajam dari Rp3,49 triliun pada 2005 menjadi Rp11,4 triliun pada 2011. Ekspor Selandia Baru ke Indonesia didominasi oleh daging dan produk susu, sedangkan impor Selandia dari Indonesia didominasi komoditas serta minyak mentah dan produk turunannya.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Sebanyak 60,91 persen dari keseluruhan ekspor Selandia Baru ke Indonesia adah produk makanan dan minuman dengan nilai Rp3,9 triliun. Sedangkan dalam bentuk susu Rp510 miliar.

Dalam kunjungan ke Indonesia, Perdana Menteri Selandia Baru John Key mengatakan, Indonesia merupakan mitra utama kerjasama bisnis Selandia Baru. "Ini seiring dengan perkembangan Indonesia sebagai negara berbasis komoditas menjadi negara berbasis industri," kata Jhon Key di Hotel Mandarin, Jakarta, Senin 16 April 2012

Hal senada juga diungkapkan oleh komisioner pergadangan Selandia Baru Fiona Acheson bahwa kunjungan ini merupakan kesempatan untuk membangun hubungan bisnis antara Selandia Baru dengan Indonesia. (sj)

Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat
Gerakan olahraga russian twist

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Round-up kanal Lifestyle pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang deretan olahraga ringan yang bisa dilakukan setelah lebaran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024