Cegah Macet, Layanan Kartu Tol Dipermudah

E-Tollcard, kartu tol elektronik
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) mengusulkan agar penggunaan kartu pembayaran untuk transaksi uang giral atau non tunai di gerbang tol bisa dilebur dalam satu mesin. Upaya ini untuk mempermudah pengguna jalan bebas hambatan tersebut.

Jasa Marga Hentikan One Way Lokal di Tol Semarang-Solo

Selama ini, operator jalan tol setidaknya menggunakan tiga jenis kartu pembayaran non tunai dengan mesin tersendiri untuk transaksi di gerbang tol. Selain kartu flash dari PT Bank Central Asia Tbk, operator tol juga menyediakan pembayaran tarif lewat e-toll card dari PT Bank Mandiri Tbk dan kartu lain dari PT Bank Mega Tbk.

"Ini yang merepotkan. Apalagi kalau salah memasukkan kartu, akhirnya macet juga," ujar Ketua ATI, Fatchur Rochman, dalam keterangan pers di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Kamis, 19 April 2012.

Melihat kecenderungan memicu kemacetan, Fatchur berharap agar penggunaan kartu pembayaran non tunai jalan tol bisa digunakan dalam satu mesin yang sama.

Vietnamese Sentenced to Death for $27 Billion Fraud Case

"Layaknya 'ATM bersama'. Hal ini baik bagi pengguna maupun pengusaha jalan tol yang berharap tidak terjadi antrean panjang," ujar Fatchur.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Ahmad Ghani Gazali, mengatakan, ide peleburan kartu transaksi pembayaran uang giral dalam satu mesin yang sama, sebetulnya sudah dipikirkan sejak lama. Bahkan, hal itu sudah pernah dibahas bersama Bank Indonesia.

"Keinginan pengusaha jalan tol agar hanya menggunakan kartu yang dapat menggunakan satu mesin, bukan masalah yang besar untuk pemerintah dan Bank Indonesia," kata Ghani.

Namun, Ghani mengungkapkan, pihak perbankan khususnya BI, masih menilai adanya kendala pada bagian clearing house-nya atau sistem pembayaran yang terkoneksi di antara penyedia kartu layanan pembayaran tol.

"Ini yang masih dikaji oleh pemerintah. Namun, diharapkan spesifikasi sudah dapat keluar tahun ini, sehingga bisa digunakan tahun depan," ujar Ghani. (art)

Joe Biden Kutuk Serangan Iran, AS Tegaskan Dukung Penuh Israel
Dayang TMV 450 Timo

Harley-Davidson Dapat Saingan Baru dari China

Dunia otomotif kembali digemparkan dengan kehadiran pemain baru di segmen sepeda motor cruiser. Dayang, pabrikan motor asal China meluncurkan TMV 450 Timo yang siap mencu

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024