Global 2000

BUMN: Selama Ini Kami Sering Diremehkan

Suasana kantor BRI
Sumber :
  • pkss.co.id

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengklaim masuknya 6 perusahaan pemerintah dalamĀ  daftar 2.000 korporasi terbesar di dunia, menunjukan bahwa BUMN tidak kalah dari perusahaan-perusahaan swasta kelas dunia yang beroperasi di Indonesia.

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Sekretaris Kementerian BUMN, Wahyu Hidayat mengakui BUMN selama ini selalu diremehkan jika dibandingkan dengan swasta. "Namun ternyata tidak. Masuknya enam BUMN ini menunjukan kami tidak kalah dengan PT Unilever dan perusahaan lainnya," katanya di Jakarta, Jumat, 20 April 2012.

Menurut Wahyu, masuknya perusahaan pelat merah dalam jajaran korporasi raksasa dunia ini sejalan dengan kebijakan Menteri Negara BUMN, Dahlan IskanĀ  yang selalu mendorong BUMN untuk tumbuh lebih besar.

"Kalau jelek diperbaiki, kalau sudah baik dibuat semakin baik dan kalau sudah baik banget jadi champion," katanya.

Walaupun masuk dalam "Forbes Global 2000" di 2012 ini, Kementerian BUMN menegaskan pihaknya tidak pernah menargetkan jumlah BUMN yang harus masuk daftar 2.000 perusahaan terbesar pada 2013 mendatang.

"Tapi akan kami tunjukan bahwa BUMN tidak kalah dengan swasta, bahkan bisa lebih bagus dibandingkan swasta," paparnya.

Cole Palmer Jadi Pusat Perhatian Jelang Man City vs Chelsea

Seperti diketahui, sebanyak 6 dari 10 perusahaan Indonesia yang masuk dalam jajaran 2.000 perusahaan besar dunia merupakan perusahaan milik pemerintah. Penilaian dari Forbes ini didasarkan kepada pendapatan, laba, dan aset perusahaan.

Diantara 10 perusahaan Indonesia itu, dua BUMN yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dan PT Bank Mandiri Tbk menempati dua posisi teratas. Sementara tiga BUMN lain yaitu PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Perusahaan Gas Negara Tbk menempati urutan 5,6, dan 7 di Indonesia.

Mayat Wanita 'Open BO' Ditemukan di Pulau Pari, Polisi Teliti Penyebabnya Lewat Cara Ini

PT Semen Gresik Tbk menempati posisi kesembilan, atau berada di atas perusahaan pertambangan batu bara, PT Bumi Resources Tbk. (eh)

Anies dan Cak Imin saat silaturahmi  hari raya lebaran tahun 2024

Cak Imin Posting Foto Bareng Dasco Gerindra, Apa Artinya?

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengunggah foto bersama Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024