Hatta: Sabar, BBM Bersubsidi Pasti Dibatasi

Hatta Rajasa & Istri Hadiri Akad Nikah Zumi Zola - Sherrin Tharia
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, meminta masyarakat menunggu kebijakan pembatasan konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Mengenai kapan dilaksanakan dan bagaimana mekanismenya, Hatta mengatakan, masyarakat agar bersabar dahulu.

“Tunggu, jangan spekulasikan, pemerintah tidak ragu untuk melakukan itu, tapi  tunggu saat yang tepat,” kata Hatta di Gedung Kementerian Keuangan Jakarta, Rabu 25 April 2012

Hatta juga menegaskan, bahwa pihaknya bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan tetap mengumumkan kenaikan dan pembatasan BBM dalam waktu dekat. “Saya sudah bilang pengumuman itu pasti akan dilakukan, tapi kan kita harus punya landasan yang tepat,” katanya.

Menurut Hatta, pihaknya tidak mau terburu-buru mengumumkan kenaikan maupun pembatasan BBM bersubsidi, dan ia juga memastikan bahwa mekanisme pembatasan BBM akan tetap dijalankan dengan baik, sesuai dengan landasan pemerintah.

Sebelumnya, Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Evita Legowo, memastikan program pembatasan bahan bakar minyak BBM bersubsidi tetap seperti jadwal semula, yaitu Mei mendatang dan dimulai untuk mobil dinas pemerintah, BUMN, dan BUMD.

"Jadwalnya tetap, tapi saya tak pernah bilang tanggalnya kapan. Kira-kira Mei," kata Evita di sela-sela kunjungan fasilitas LNG di Bontang, Kalimantan Timur, 25 April 2012.

Menurut Evita, program pengendalian BBM bersubsidi harus dilakukan. Ini mengingat pemerintah belum bisa menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi sebelum syarat dalam APBN-P terpenuhi. Adapun syarat itu adalah rata-rata harga minyak mentah Indonesia (ICP) harus sudah 15 persen di atas asumsi APBNP selama enam bulan terakhir, atau sekitar US$120,75 per barel.

Menurut dia, pemerintah menginginkan APBN 2012 aman, untuk itu akan tetap melakukan pembatasan. Namun, pembatasan BBM bersubsidi masih harus dikaji antarkementerian satu hingga dua kali lagi untuk meyakinkan seluruh kementerian telah siap menjalankan program pembatasan.

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024