Jero Wacik:

Penghematan BBM dan Listrik Mulai 1 Juni

Pelantikan Presiden : Jero Wacik
Sumber :
  • Vivanews/ Tri Saputro

VIVAnews - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menegaskan program penghematan bahan bakar minyak (BBM) dan listrik di lingkungan pemerintah, BUMN dan BUMD akan dimulai per 1 Juni 2012.

"Akhir Mei akan diumumkan dan mulainya nanti, 1 Juni," kata Jero Wacik di Jakarta, Senin 7 Mei 2012.

Menurut Wacik nantinya aturan tersebut akan menggunakan Keputusan Menteri ESDM dan akan berlaku untuk seluruh kementerian/lembaga, BUMN dan BUMD. Jika aturan tersebut telah berlaku, maka Sekretaris Jenderal Kementerian akan mengecek apakah masih ada listrik yang menyala setelah jam kerja telah usai.

"Nanti misalnya jam lima sore, sudah dimatikan semua, sekjen mengecek semuanya masih ada yang nyala atau tidak. Kalau masih ada, sanksinya, sekjennya akan ditegur keras," katanya.

Wacik memaparkan inti dari penghematan listrik ini adalah jangan menghidupkan lampu dan peralatan elektronik lainnya jika tidak diperlukan. Jika ruangan tersebut tidak digunakan, maka wajib dimatikan lampunya. "Kalau semua kementerian seperti itu, dahsyat penghematannya," paparnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan kebijakan penghematan energi di kantor kementerian/lembaga tidak boleh menjadi alasan pegawai negeri sipil (PNS) menghentikan pekerjaannya. Nantinya, PNS tidak boleh bekerja hingga pukul 18.00 WIB untuk menghemat energi.

"Kalau pekerjaan sudah selesai ya matikan lampunya, tidak perlu menunggu pukul 18.00. Tapi jika perlu lembur hingga pukul 21.00 dan memang diperlukan ya silakan menyala. Jangan kemudian kita tidak bekerja, tidak begitu. Jadi tetap betul-betul bekerja," ujar Hatta. (adi)

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya
Gelombang tinggi laut terjang pesisir pantai (foto ilustrasi)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 20 hingga 21 A

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024