IHSG Kembali Bercokol di Bawah 4.000

Mencermati pergerakan saham
Sumber :
  • www.geckoandfly.com

VIVAnews - Bursa keuangan dunia masih terus dibayangi berbagai kabar negatif yang terus bermunculan dan menepis harapan adanya pemulihan masalah krisis utang di kawasan Eropa segera teratasi.

Dua Anak-anak Sempat Terjebak di Dalam Toko Bingkai yang Kebakaran

Selain itu, liburan panjang di pekan ini turut memukul indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia.

IHSG dibuka turun ke level 4.002,09 pada perdagangan terakhir pekan ini, Rabu 16 Mei 2012, melanjutkan prapembukaan pagi tadi yang melemah 38,49 poin atau 0,95 persen di posisi 4.007,14.

Namun, selang tiga detik setelah transaksi berjalan, IHSG kembali bercokol di bawah level psikologisnya di 4.000 karena turun 46,68 atau 1,15 persen ke level 3.998,96.

Menurut analis PT BNI Securities, Viviet S Putri, pertentangan yang terjadi di parlemen Yunani akhir-akhir ini masih meningkatkan kekhawatiran para investor pasar modal karena partai koalisi saat ini menolak menerima berbagai persyaratan untuk menerima dana talangan yang diharapkan dapat menolong kejatuhan negara tersebut.

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

"Hal ini semakin meningkatkan spekulasi keluarnya Yunani dari Uni Eropa," kata dia dalam risetnya kepada VIVAnews.

Di samping itu, data ekonomi di negara kawasan Eropa yang kurang mendukung, seperti rilis data PDB terakhir yang menunjukkan Italia turun 0,8 persen. Begitu pula, dengan PDB Yunani dan Perancis yang tidak menunjukkan adanya pertumbuhan seperti yang diharapkan.

"Kabar negatif lain juga berhembus di kawasan regional Asia, di mana berdasarkan data Kementerian Perdagangan China bahwa FDI (Foreign Direct Investement) terus turun dan pada April turun sebesar 0,7 persen menjadi sebesar US$8,4 milliar," ujar Viviet.

Selain itu, Viviet mengaku bahwa turunnya transaksi perdagangan di dalam negeri menjelang libur panjang turut mendorong pelemahan IHSG hari ini. "Indek akan bergerak di kisaran 4.000?4.070," jelasnya.
Sementara itu, tercatat, indeks Dow Jones kembali jatuh 0,50 persen ke level 12.632 pada akhir transaksinya kemarin. Begitu pula, indeks Standard & Poor's 500 yang turun 0,57 persen di posisi 1.330.

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

Pasar saham Asia pagi ini juga melemah. Lengkapnya, silakan buka tautan ini.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Wira

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Tiga orang yang diduga membunuh R (35), wanita yang ditemukan tewas dengan wajah hancur di Dermaga Ujung Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan ditangkap. R diketahui warga

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024