Komitmen G8 Dongkrak IHSG

Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia akhirnya berbalik arah menguat atau rebound, setelah lima hari terakhir perdagangan terjungkal. Sentimen positif di zona Eropa yang direspon pasar global maupun regional disinyalir menjadi pemicu penguatan bursa domestik.

IHSG dibuka naik 27,07 poin atau 0,68 persen ke level 3.967 pada perdagangan Selasa 22 Mei 2012, melanjutkan prapembukaan pagi tadi yang menguat 25,06 poin atau 0,63 persen di posisi 3.965,16.

Menurut analis PT Trust Securities Suhendra Wahid, berita positif komitmen para pemimpin negara-negara G8 dalam memberikan dukungan kepada Yunani agar tetap berada di zona Eropa. Sentimen positif juga dipicu harapan bahwa pemerintah China akan melonggarkan kebijakan ekonominya yang memicu kepercayaan di pasar Asia.

"Tentunya, aksi jual massif yang melanda kawasan Asia terhenti dan mendorong bursa-bursa di kawasan Asia menguat," kata dia dalam risetnya kepada VIVAnews.

Analis PT BNI Securities Maxi Liesyaputra juga berpendapat, sentimen positif global memengaruhi pergerakan IHSG pada hari ini. Tercatat, Dow Jones menguat signifikan 135,1 poin atau 1,09 persen pada penutupan transaksinya kemarin di tengah berita bahwa para pemimpin G8 menyepakati untuk mempertahankan Yunani di zona Euro.

"Berita tersebut juga ditanggapi positif bursa Eropa yang seluruhnya mencatat kenaikan. Begitu juga dengan bursa regional Asia Pasifik pada pagi ini yang mengalami kenaikan signifikan, seperti Nikkei dan Kospi," ujarnya di tempat terpisah.

Seorang Pendeta Ditikam saat Sedang Pimpin Upacara Ibadah di Sebuah Gereja

Terlihat, pasar Asia Pasifik seluruhnya menguat. (umi)

Kamp pengungsi warga Gaza di Rafah Palestina

Taktik Netanyahu Gusur Warga Palestina, Israel Bakal Bangun 10 Ribu Tenda di Rafah

Israel bermaksud mendirikan 10.000 tenda di dekat kota Rafah, di selatan Jalur Gaza, dalam waktu dua minggu mendatang.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024