BISNIS

Hari Ini BEI Terpengaruh Sentimen Wall Street

IHSG di Bursa Efek Indonesia kembali terkoreksi, meski dalam sepekan lalu melemah.
Senin, 28 Mei 2012
Oleh : Antique
IHSG di Bursa Efek Indonesia kembali terkoreksi, meski dalam sepekan lalu melemah.

VIVAnews - Indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia kembali terkoreksi pada transaksi Senin 28 Mei 2012, meski dalam sepekan terakhir bertahan di teritori negatif.

Bursa acuan Wall Street sepertinya masih mempengaruhi niat pemodal dalam mengambil posisi di pasar saham pada pembukaan sesi di awal pekan ini.

IHSG dibuka turun 24,98 poin atau 0,65 persen ke level 3.877,52, melanjutkan prapembukaan pagi tadi yang melmah 25,45 poin atau 0,65 persen ke di posisi 3.877,05.

Menurut analis PT BNI Securities Maxi Liesyaputra, sentimen global sepertinya masih dicermati pelaku pasar modal domestik di pagi ini. Terutama, sentimen negatif Wall Street pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

"Dow Jones pada Jumat lalu, 25 Mei 2012 berakhir melemah 74,9 poin atau 0,6 persen," kata dia dalam risetnya yang diterima VIVAnews.

Selain itu, dia menambahkan, harga komoditas logam yang mengalami penurunan, terutama timah turut memberikan dampak pada pergerakan saham di lantai bursa.

"Sedangkan harga minyak sedikit mengalami pemulihan dan bursa regional Asia Pasifik dibuka menguat pagi ini seperti Nikkei yang mencatat kenaikan tipis," tutur Maxi.

Sementara itu, bursa Asia menguat pagi ini karena ditopang sentimen positif jajak pendapat Yunani bahwa negara tersebut mendukung penerimaan bailout yang disediakan oleh Uni Eropa. Lengkapnya, silakan buka tautan ini.

(ren)

TERKAIT
TERPOPULER