Rupiah Turun, Kemendag Justru Anggap Peluang

Rupiah Menguat
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Gunaryo menilai, pelemaham nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat bisa menjadi peluang bagi produk dalam negeri untuk bersaing dengan produk lain di pasaran internasional.

"Kalau nilai tukar rupiah melemah, kan artinya harga produk kita untuk luar negeri berkurang. Jadi, harga yang ditawarkan untuk ekspor bisa semakin kompetitif," kata dia usai membuka pameran International Franchise Lisence & Business Concept Expo & Conference, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat, 1 Juni 2012.

Menurut Gunaryo, penurunan nilai kurs rupiah ini memang berdampak pada mahalnya harga barang untuk industri yang mendatangkan bahan baku dari luar negeri. "Mungkin, industri dalam negeri harus bisa melihat ini sebagai kesempatan," ujarnya.

Dia mengungkapkan, sektor industri yang bisa mengambil untung dari melemahnya kurs rupiah ini adalah perusahaan yang memperoleh bahan baku dari dalam negeri. "Karena otomatis, harga bahan baku mereka tidak bertambah, sehingga produk mereka dibanderol harga yang lebih kompetitif," tuturnya.

Sementara itu, Gunaryo menuturkan, bagi industri yang masih menggunakan bahan baku ekspor, kemungkinan akan terkena imbasnya. Perusahaan ini umumnya margin keuntungannya akan berkurang. "Atau, harga jual mereka harus ikut naik," jelasnya.

Untuk perdagangan di dalam negeri, ia berkeyakinan bahwa pelemahan nilai tukar itu tidak akan terlalu banyak merugikan. Syaratnya, barang yang diperjualbelikan tersebut adalah barang yang berasal dalam negeri.

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah dalam beberapa hari terakhir mengalami tren penurunan. Berdasarkan data Reuters, rupiah pada perdagangan hari ini ditutup pada level 9.540 per dolar AS, sempat menyentuh level terendahnya di harga 9.640 dan tertinggi 9.310 per dolar AS.

Sementara itu, di lantai bursa, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di akhir pekan ini melemah 33,05 poin atau 0,87 persen ke level 3.799,76. (asp)

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung
Inter Milan pastikan Scudetto ke-20

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Inter Milan memastikan gelar Scudetto musim 2023/2024 setelah menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di San Siro pada Selasa kemarin.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024