BISNIS

Industri Minta DP Kredit Ditunda Setahun

Kalau tak bisa ditunda, batas kredit diturunkan ke level 15-20 persen.

ddd
Kamis, 7 Juni 2012, 14:37 Syahid Latif, Nina Rahayu
Uang muka kredit diusulkan ditunda setahun.
Uang muka kredit diusulkan ditunda setahun. (csmonitor.com)

VIVAnews - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengkhawatirkan implementasi kebijakan kenaikan uang muka kredit atau down payment kendaraan bermotor sebesar 30 persen akan menciptakan efek domino yang luar biasa. Sayangnya, dampak tersebut lebih bersifat negatif.

"Efek pertama orang sulit beli mobil, penjualan akan turun dan produksi menurun. Habis itu, perusahaan komponen akan turun produksi, semua dikurangi, ini dampak domino luar biasa," kata Ketua Gaikindo, Jongkie D Sugiarto, di Hotel Grand Mulia Jakarta, Kamis 7 Juni 2012.

Menurut Jongkie, jika pemerintah ingin menaikkan batas minimal uang muka, sebaiknya dilakukan secara bertahap, jangan langsung terapkan 30 persen.

Gaikindo sendiri mengusulkan agar batas minimal tersebut diturunkan menjadi 15 atau 20 persen. "Atau ditunda satu tahun lagi," tegasnya.

Jongkie menilai, pengenaan uang muka di kisaran 15-20 persen, sebetulnya sudah cukup berhati-hati (prudent). Sebab, rata-rata perusahaan pembiayaan sudah menghitung risiko konsumennya.

"Sebetulnya perusahaan pembiayaan sudah tahu income sekian, untuk hidup sekian, sisa sekian buat cicil. Dengan dihitung mundur, sudah tahu dong DP berapa, jadi mereka itu sebetulnya sudah prudent," tegasnya.

Pada 2015, Gaikindo memperkirakan, banyak masyarakat yang bakal membeli kendaraan bermotor seharga Rp300 juta. Hal itu menandakan pendapatan per kapita masyarakat Indonesia sudah meningkat. "Sebenarnya kami tidak keberatan, tapi caranya," ungkapnya. (art)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
jaumilakhir
07/06/2012
Ngapain ditunda, dg rendahnya DP kendaraan bermotor bikin jalan macet luar biasa, banyak kredit macet dan kendaraan ditarik.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com