Pemerintah Target Swasembada Garam Tahun Ini

Petani garam sedang memanen hasilnya di Rembang, beberapa waktu lalu.
Sumber :

VIVAnews - Menteri Perikanan dan Kelautan Sharif Cicip Sutardjo menyatakan optimismenya bahwa tahun ini Indonesia akan swasembada garam dari sebelumnya impor.

Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta Mulai Menurun

"Garam konsumsi ini mudah-mudahan tahun ini bisa menjadi swasembada garam. Yang kita target swasembada adalah garam konsumsi, bukan garam industri," kata Cicip di Jimbaran, Bali, Sabtu, 9 Juni 2012.

Kendati begitu, ia mengakui, pemerintah masih mengandalkan impor untuk garam industri hingga saat ini. Alasannya, Indonesia belum memproduksi garam industri. Yang baru diproduksi dan diharap bisa swasembada adalah garam konsumsi.

"Garam industri, ya masih impor. Kita ini baru memproduksi garam konsumsi. Garam kita masih kurang," katanya.

Cicip tak menampik, jika luas republik ini dua pertiganya adalah lautan. Namun ternyata, hal itu tidak menjamin sepenuhnya ketersediaan garam dalam negeri. Sebab, meski memiliki pantai yang luas, tidak semua pantainya sesuai dengan iklim tempat garam diproduksi.

"Meski pantai kita luas, tetapi yang sesuai dengan iklim itu tidak semua tempat. Yang paling pas itu Madura. Itu yang bagus," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar itu.

Cicip menjelaskan, kebutuhan garam di Tanah Air saat ini terbilang cukup besar. "1,5 juta kebutuhan garam untuk konsumsi, sedangkan untuk industri yang dibutuhkan 1,8 juta garam industri. Mudah-mudahan dengan target swasembada, jumlah 1,5 juta garam konsumsi bisa terpenuhi," tuturnya.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024
Seorang pekerja sedang mengawasi pembangunan proyek perumahan pekerja konstruksi yang nanti digunakan untuk pekerja membangun infrastruktur di IKN, Penajam Paser Utara.

Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

Jtah libur mudik bagi lebih dari 13.000 pekerja konstruksi IKN itu pun telah berakhir, dan para pekerja pun mulai balik lagi ke IKN guna kembali bekerja.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024