SBY Tunjuk Chatib Basri Sebagai Kepala BKPM

Chatib Basri
Sumber :
  • facebook.com

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional, Muhammad Chatib Basri sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal. Chatib menggantikan Gita Wirjawan yang selama ini juga menjabat Menteri Perdagangan.

Yudhoyono mengatakan sebagai Wakil Ketua KEN Chatib cukup aktif memberikan pandangan kepada pemerintah terkait ekonomi dan dunia usaha. Dalam keadaan seperti saat ini, menjaga investasi dan perdagangan sangat penting.  "Kedua wilayah ini harus kita jaga baik karena investasi di dunia dalam keadaan yang sulit," ujar SBY di Istana Bogor, Rabu, 13 Juni 2012.

Dengan ditunjukkan Chatib, SBY berharap Gita sebagai Menteri Perdagangan bisa fokus mengurusi masalah perdagangan agar pertumbuhan ekonomi tetap terjaga. "Masalah investasi saya percayakan kepada Kepala BKPM yang baru untuk meningkatkan peluang investasi di negeri kita," ujarnya.

Chatib Basri selama ini dikenal sebagai ekonom, peneliti, dan profesional. Keahliannya di bidang makroekonomi, perdagangan internasional, dan ekonomi politik tak diragukan lagi. Pria yang lahir 22 Agustus 1965 ini juga pernah duduk sebagai Penasihat Khusus Menteri Keuangan Republik Indonesia (2006-2010), Sherpa Indonesia untuk G-20 (2008) dan Deputi Menteri Keuangan untuk G-20 (2006-2010).

Saat ini selain menjadi Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional, ia juga mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, pendiri CReco Research Institute, komisaris di beberapa perusahaan publik, dan konsultan di berbagai lembaga internasional. (umi)

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024
Kawasan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 15 persen year on year (YoY) menjadi Rp17 triliun pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024