BISNIS

Taspen Cairkan Pensiun ke-13 Mulai 2 Juli

Pensiun ke-13 dibayarkan serentak di kantor bayar pensiun di seluruh Indonesia.

ddd
Rabu, 20 Juni 2012, 14:22 Nur Farida Ahniar, R. Jihad Akbar
Ilustrasi pencairan dana pensiun
Ilustrasi pencairan dana pensiun (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews - Pensiunan pegawai negeri sipil, TNI/Polri, dan pejabat negara akan mendapatkan gaji ke 13 pada bulan depan. Pembayaran tersebut akan dilakukan PT Taspen mulai tanggal 2 Juli 2012 sampai 20 Juli 2012.

Sekretaris Perusahaan Taspen Wiharto dalam siaran persnya, Rabu 20 Juni 2012 mengatakan, Pembayaran pensiun ke 13 ini sebagai tindaklanjut dari istruksi kementerian keuangan yang kemudian menjadi dasar terbitnya surat edaran Direksi Pt Taspen  No: SE-08/DIR/2012 tanggal 18 Juni 2012 prihal petunjuk pelaksanaan pembayaran pensiun ke 13 tersebut.

Wiharto memastikan, pensiun ke-13 dibayarkan serentak di  kantor bayar pensiun di seluruh Indonesia. Perhitungannya berdasarkan pensiun pokok ditambah tunjangan keluarga, tambahan penghasilan dan pembulatan apabila ada, dan tanpa tunjangan beras.

Pembayaran pensiun ketiga belas tidak termasuk dana kehormatan veteran dan tunjangan khusus provinsi Papua Rp100 ribu. Bagi penerima pensiun/tunjangan yang menerima uang pensiun/tunjangan melebihi penghasilan tidak kena pajak (PTKP) tapi belum menyampaikan NPWP, maka dikenakan tarif PPH lebih tinggi 20 persen.

Wiharto menjelaskan PNS aktif yang menerima gaji sampai Mei 2012 dan akan pensiun 1 juni 2012, masih akan mendapatkan  pensiun ke 13 ini. Namun bagi PNS yang akan pensiun 1 Juli tidak mendapatkan pesiun tersebut, karena baru akan diakumulasikan tahun depan

Dirinya juga mengingatkan, bagi para pensiunan yang mendapatkan lebih dari haknya sebagai pensiunan, diharapkan mengembalikannya pada kantor cabang PT Taspen. Karena kelebihan bayar tersebut dihitung sebagai utang pensiunan kepada negara.  (adi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com