Jam Operasional Empat Bandara Diperpanjang

Terminal II Bandara Internasional Soekarno Hatta, di Tangerang, Banten
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews – Terhitung sejak 1 Juli 2012, PT Angkasa Pura II memperpanjang jam operasional empat bandar udara (bandara) hingga pukul 24.00 WIB.

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia

Keempat bandara itu adalah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Supadio Pontianak, dan Minangkabau Padang.

Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura II, Trisno Heryadi, menjelaskan, sebelumnya Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Sultan Syarif Kasim II, dan Minangkabau hanya dibuka untuk penerbangan terakhir pada pukul 21.00 WIB. Sementara itu, Bandara Supadio, hingga pukul 18.00 WIB.

"Semuanya sekarang beroperasi sejak pukul 06.00-24.00 WIB, atau selama 18 jam. Tentunya ini akan lebih memberikan keleluasaan bagi calon penumpang dalam mengatur waktu penerbangannya," kata Trisno dalam keterangan tertulis Angkasa Pura II, Selasa 3 Juli 2012.

Kebijakan memperpanjang jam operasional, Trisno menambahkan, merupakan salah satu upaya Angkasa Pura II dalam meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa. Hal itu karena beberapa tahun terakhir, jumlah penerbangan di empat bandara tersebut terus meningkat signifikan.

Dia mengakui, penambahan jam operasional terhadap bandara di Palembang, Pekanbaru, Pontianak, maupun Padang itu telah mendapat persetujuan dari Kementerian Perhubungan selaku regulator. Selain itu, telah disesuaikan dengan rekomendasi yang diberikan Air Traffic Services, serta rencana ekspansi yang dilakukan maskapai.

Trisno menambahkan, maskapai penerbangan nasional saat ini tumbuh cukup pesat. Hal itu ditandai dengan dilakukannya penambahan jumlah armada oleh sejumlah maskapai, baik untuk kebutuhan membuka rute penerbangan baru maupun menambah frekuensi penerbangan dengan menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara tujuan/asal penerbangan terbesar.

Secara otomatis, dia melanjutkan, slot time penerbangan dari Soekarno-Hatta yang waktu operasionalnya dibuka nonstop selama 24 jam pun harus ditambah. Namun, penambahan slot time di bandara yang sudah cukup padat saat ini, hanya bisa dilakukan di atas pukul 20.00 WIB.

Untuk itu, menurut Trisno, bandara lain yang terhubung harus menambah jam operasionalnya agar dapat mendukung Bandara Soekarno-Hatta melakukan redistribusi slot time untuk mengurangi kepadatan jadwal penerbangan pada jam-jam tertentu.

Dia menegaskan, atas dasar itulah perpanjangan jam operasional di empat bandara sudah semestinya dilakukan agar dapat memberikan pelayanan maksimal. "Jika tidak, pastinya maskapai tidak akan dapat dilayani," tuturnya. (art)

Ria Ricis.

Meski Teuku Ryan Upayakan Banyak Usaha Buat Rujuk, Ini yang Bikin Ria Ricis Mantap Cerai

Proses perceraian Ria Ricis dengan Teuku Ryan akan segera memasuki babak akhir. Keduanya segera menghadapi sidang putusan yang akan digelar pada pekan depan, 2 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024