Macet, Pengalihan Gas dari Singapura ke PLN

Gas FSRU Jakarta Mulai Mengalir
Sumber :
  • VIVAnews/Iwan Kurniawan

VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara menyatakan bahwa keputusan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik yang akan mengalihkan pasokan gas dari Singapura ke PLN, yang diumumkan pada Oktober 2011 lalu, hingga saat ini belum mengalir.

Kepala Divisi BBM dan Gas PLN Suryadi Mardjoeki menuturkan belum mengalirnya gas untuk PLN itu karena kapasitas meteran milik Perusahaan Gas Negara di terminal penerima Muara Bekasi tidak mencukupi.

Maliq & D’Essentials hingga Dewa 19 Hibur Ribuan Penonton di Soul Intimate Concert 2.0

Menurutnya, kapasitas meteran hanya dibatasi hingga 530 juta kaki kubik per hari (mmscfd) dan itu sudah penuh oleh lapangan Gressik sebesar 370-400 mmscfd dan lapangan Jambi Merang 150 mmscfd.

"Jadi, sudah tidak ada lagi tempat untuk gas dari Lapangan Gajah Baru untuk PLN," kata Suryadi di Jakarta, Selasa 3 Juli 2012.

Menurut Suryadi, hal ini sebenarnya sudah diantisipasi PLN dengan memberitahukan kepada BP Migas untuk mengajak PGN agar ikut dilibatkan dalam rapat. Namun, ternyata BP Migas tetap tidak mengajak PGN sehingga kasus kapasitas meteran PGN yang terbatas baru terungkap sekarang.

Dia menambahkan, PGN telah berjanji menginvestasikan sejumlah dana untuk memperbesar kapasitas meteran, namun diperkirakan baru selesai pada Mei 2013. Padahal, kontrak PLN untuk gas Gajah Baru hanya 18 bulan terhitung bulan ini.

"Status gasnya saat ini status quo, kabarnya ditawarkan untuk Krakatau Stell namun menolak karena harganya ketinggian," kata Suryadi.

Seperti diketahui, Menteri ESDM pada Oktober 2011 lalu memutuskan PLN akan mendapatkan pasokan gas dari Conoco Philips sebesar 40 mmscfd untuk pembangkit listrik PLTGU Muara Tawar. Pasokan gas ini merupakan swap dengan gas Premier dari Lapangan Gajah Baru (West Natuna) yang dikirim ke Singapura.

Jero Wacik menjelaskan Premier Oil yang tadinya memasok gas ke Singapura hanya 100 mmscfd menjadi 140 mmscfd, sedangkan Conoco Philips yang tadinya memasok sekitar 300 mmscfd dikurangi 40 mmscfd untuk dialihkan ke Jawa Barat.

"Dengan keputusan ini PLN Jawa Barat akan mendapatkan 40 juta kaki kubik yang setara dengan 6.000 barel BBM sehingga PLN dapat menghemat subsidi sebesar Rp2-3 triliun dari impor BBM," kata Jero Wacik di kantornya, beberapa waktu lalu.

Pemain Persib Bandung David Da Silva

David Da Silva Hattrick, Persib Bandung Benamkan Persebaya Surabaya

 Penyerang Persib Bandung David Da Silva mencetak hattrick saat membungkam Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024