Pembangunan Jembatan Sunda Terancam Molor

Hatta Rajasa & Istri Hadiri Akad Nikah Zumi Zola - Sherrin Tharia
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Pemancangan batu pertama atau ground breaking proyek pengembangan kawasan Selat Sunda, termasuk Jembatan Selat Sunda, terancam ditunda jika segala polemik dalam persiapan awal tender tidak menemukan solusi terbaik.

Deputi Bidang Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Lucky Eko Wurianto mengungkapkan saat ini pemerintah sedang mengupayakan sesuai rencana. "Kemungkinan tertunda,' kata dia di Kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Jakarta, Rabu 4 Juli 2012.

Dia menjelaskan, alasan tertundanya pengembangan kawasan itu. Menurut dia, pemrakarsa, dalam hal ini konsorsium Banten-Lampung meminta waktu lebih dari dua tahun untuk persiapan dengam membuat studi kelayakan. Setelah itu baru masuk proses tender.

Karenannya saat ini pemerintah sedang mencari cara bagaimana proses tersebut dapat dipercepat. Sebab sampai proses tender bisa kurang dari dua tahun, tanpa mengenyampingkan aspek tata kelola perusahaan yang baik (GCG).

Mengenai usulan Kementerian Keuangan merevisi Peraturan Presiden agar pemerintah bisa membuat sendiri studi kelayakan sendiri, kata dia, bisa saja dilakukan. Namun ada kesan meragukan legalitas Perpres yang telah ditandatangani Presiden. "Kesannya Perpres dibuat tidak hati-hati."  (sj)

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat berkunjung di SMPN 2 Tanggulangin. (Istimewa)

Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor tidak memenuhi panggilan KPK pada Jumat, 19 April 2024, sebagai saksi dalam kasus korupsi pemotongan insentif ASN

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024