Kereta Layang Bekasi-Slipi Butuh Rp10 Triliun

Pembangunan jalan layang di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru
Sumber :
  • Antara/ Viki Payoka

VIVAnews - PT Hutama Karya menawarkan konsep pembangunan kereta layang Bekasi-Slipi yang memanfaatkan median jalan tol sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan. Untuk merealisasikan kereta layang tersebut, dibutuhkan investasi hingga Rp10 triliun.

"Memang belum kami hitung secara riil. Namun, estimasi total sekitar Rp10 triliun untuk kereta layang sepanjang 22 kilometer," kata Direktur Utama Hutama Karya, Tri Widjajanto Joedosastro, kepada VIVAnews di Jakarta.

Tri menjelaskan, kereta layang Bekasi-Slipi akan menjadi model transportasi intermoda yang menggabungkan seluruh konsep transportasi darat. Dalam konsep tersebut, Stasiun Cawang akan menjadi titik sentral bertemunya kereta layang dengan bus Transjakarta.

Kereta yang dipilih adalah kereta listrik ataupun menggunakan kereta bertenaga matahari yang lebih ramah lingkungan. Upaya itu, dia melanjutkan, sudah lumrah dilaksanakan di negara-negara lain untuk mengatasi kemacetan di daerah perkotaan.

Untuk itu, dalam konsep tersebut, Hutama Karya akan menggandeng PT Kereta Api Indonesia sebagai operator kereta layang tersebut. "Ini bukan solusi yang parsial, namun terintegrasi antara kereta dan bus Transjakarta," katanya.

Karena menelan investasi yang besar, menurut dia, ia meminta untuk dimasukkan pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk menekan harga tiket. Berdasarkan perhitungannya, jika proyek ini dibangun murni swasta, harga tiket dapat mencapai Rp15.000 per penumpang.

Namun, jika dibangun menggunakan dana APBN, harga tiket dapat ditekan menjadi Rp9.000 per penumpang. "Itu salah satu alasan menggunakan dana APBN. Konstruksinya mestinya dibangun dengan APBN," paparnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, sendiri telah menyatakan terkesan dengan itu. Perseroan memiliki konsep untuk membangun intermoda dengan pembuatan kereta layang di tengah jalan tol Bekasi hingga Slipi. "Saya sudah lihat konsepnya. Sangat bagus," ujarnya.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024