Panjang Rute Proyek Kereta Layang 100 KM

Proyek Kereta Layang HK
Sumber :
  • Hutama Karya

VIVAnews - Rencana perusahaan konstruksi pelat merah, PT Hutama Karya untuk membangun kereta layang terintegrasi di median jalan tol sepanjang 100 kilometer diperkirakan menelan investasi hingga Rp30 triliun.

General Manager Divisi Pengembangan Hutama Karya, Wikumurti, menjelaskan, dalam rencana pengembangan kereta layang di median jalan tol ini akan terbagi menjadi lima tahap. Tahap pertama Bekasi-Cawang, tahap kedua Cawang-Semanggi, tahap tiga Bumi Serpong Damai-Taman Anggrek-Semanggi, dan tahap empat Bogor-Cawang.

"Total panjang seluruh tahapan ini mencapai 100 kilometer, di mana per kilometernya rata-rata investasi sebesar Rp300 miliar," kata Wikumurti kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis 12 Juli 2012.

Untuk tahap awal, Hutama Karya menargetkan pembangunan kereta layang Bekasi-Semanggi. Titik awalnya dimulai dari pusat perbelanjaan Bekasi Square, sehingga pengguna kendaraan pribadi dapat menitipkan kendaraannya di pusat perbelanjaan tersebut, lalu melanjutkan perjalanan menuju Jakarta dengan kereta layang.

Hutama Karya akan membuat Cawang menjadi stasiun penghubung antarmoda angkutan, dari kereta layang, busway, bus kota hingga kereta api. Sementara itu, di Semanggi, kereta layang ini akan terintegrasi dengan MRT. "Nanti akan terintegrasi dengan moda transportasi massal di Jabodetabek," katanya.

Kereta yang dipilih merupakan kereta listrik ataupun menggunakan kereta bertenaga matahari yang lebih ramah lingkungan. Hal ini, dia melanjutkan, sudah lumrah dilaksanakan di negara-negara lain untuk mengatasi kemacetan di daerah perkotaan.

"Kereta merupakan alat transportasi modern yang tepat waktu dan antimacet. Kalau naik kendaraan umum saja, Bekasi-Cawang bisa makan waktu dua jam kalau kena macet," katanya. (eh)

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam
Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024