Besok, Penyatuan Zona Waktu Ditentukan

Kuadran Waktu, Jam Modern Tertua Asal Inggris
Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVAnews - Penyatuan zona waktu di Indonesia yang akan dilakukan pada tahun ini paling lambat ditentukan besok, Kamis 26 Juli 2012. Saat ini kepastian tersebut masih menunggu keputusan dari Presiden.

Kepala Divisi Humas dan Promosi, Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Edib Muslim, mengungkapkan, besok masuk hari ke 90 atau tenggat waktu terakhir, jadi atau tidaknya kebijakan itu diterapkan pada 28 Oktober 2012.

"Sekarang masih menunggu keputusan Presiden," ujar Edib di Jakarta, Rabu 25 Juli 2012.

Edib mengungkapkan, 90 hari tersebut merupakan masa persiapan kebijakan tersebut sesuai dengan permintaan Kementerian Perhubungan dan Bank Indonesia. Bank Indonesia, menurut Edib, membutuhkan tenggang waktu tersebut untuk melakukan sinkronisasi perangkat perbankan baik infrastruktur maupun fasilitas lainnya untuk nasabah.

"Serta, notifikasi ke perbankan internasional dan pusat keuangan dunia," katanya.

Sementara itu Kemenhub, membutuhkan waktu tersebut guna sinkronisasi waktu kerja moda transportasi yang beroperasi. Misalnya menyesuaikan jadwal penerbangan dan transportasi lainnya.

Edib menegaskan, dengan penerapan kebijakan tersebut, kinerja pemerintahan dapat terakselerasi. Pasalnya, sistem online yang terintegrasi sebagai salah satu perangkat kebijakan tersebut, membuat efisiensi kerja pegawai negeri sipil akan lebih efektif. "Jam kerja PNS ini makin panjang secara kualitas," katanya.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Lebih jauh soal satu zona waktu ini, baca liputan khusus VIVAnews .

Festival balon udara digelar di Pekalongan dan Wonosobo Jawa Tengah

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

AirNav telah mengeluarkan Notif atau NOTAM kepada pilot untuk waspadai munculnya balon udara yang diterbangkan secara liar di ketinggian 8.000 hingga 9.000 kaki.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024