Dahlan: Pabrik Tenaga Surya Selesai 2014

Pembangkit listrik tenaga surya terbesar di gurun pasir Nevada, Amerika Serikat
Sumber :
  • earthtechling.com

VIVAnews - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, Pemerintah saat ini sedang membangun pabrik "Tenaga Surya" pertama di Indonesia. Pabrik yang terletak di Karawang, Jawa Barat, itu ditargetkan sudah bisa beroperasi pada 2014 mendatang.

"Kita sudah mendirikan pabrik tenaga surya pertama di Indonesia, pada tahun 2014 mendatang, sudah jadi," kata Dahlan Iskan, Menteri Negara BUMN, saat ditemui VIVAnews di Yogyakarta, Rabu malam 25 Juli 2012.

Dahlan menjelaskan, untuk membangun pabrik tenaga surya itu menelan anggaran puluhan Miliar rupiah. "Pabrik tenaga surya itu dibangun di Kerawang, anggarannya Rp 60 miliar," jelasnya.

Menurut Dahlan, delapan tahun yang akan datang tenaga surya sudah menjadi hal biasa di dunia. "Mau tidak mau kita harus pakai tenaga surya," ucapnya.

Ia menuturkan, sangat tidak wajar kalau bangsa ini terus menerus menggunakan bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan bermotor. "Sekarang subsidi BBM saja menghabiskan anggaran Rp 300 triliun, dan diprediksi akan meningkat pada tahun depan," ungkapnya.

Sementara itu, kata Dahlan, kenapa anggaran yang Rp. 300 Triliun buat subsidi BBM itu tidak digunakan untuk mengembangkan tenaga surya dan mobil listrik saja. (adi)

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024