Caplok Batavia, Air Asia Rogoh Rp758 Miliar

Maskapai AirAsia
Sumber :
  • REUTERS/Tim Chong

VIVAnews - Maskapai berbiaya rendah terbesar di Asia Tenggara, AirAsia Berhad dan PT Fersindo Nusaperkasa mengakuisisi 100 persen kepemilikan saham PT Metro Batavia sebagai operator maskapai Batavia Air. Untuk itu, keduanya mengeluarkan investasi hingga US$80 juta atau sekitar Rp758 miliar (kurs Rp9.475).

"Investasi US$80 juta itu akan kami bayar tunai, yang dananya diambil dari internal perusahaan," kata Chief Executive Officer AirAsia, Tony Fernandes, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis 26 Juli 2012.

Presiden Direktur Fersindo Nusaperkasa, Dharmadi, menjelaskan, merujuk pada peraturan kepemilikan maskapai penerbangan sipil di Indonesia, AirAsia Berhad hanya memiliki saham sebesar 49 persen di Metro Batavia Group. Sementara itu, sisanya sebesar 51 persen dimiliki oleh mitra AirAsia Berhad, Fersindo Nusaperkasa sebagai pemilik mayoritas.

Seperti diketahui, Fersindo juga merupakan pemegang saham mayoritas PT Indonesia AirAsia dengan porsi kepemilikan 51 persen.

Rencananya, akuisisi 100 persen saham Batavia Air oleh AirAsia dan Fersindo akan dilakukan melalui dua tahap. Pertama, melalui akuisisi saham mayoritas sebesar 76,95 persen pada 2012. Kedua, akuisisi sisa saham sebesar 23,05 persen yang diharapkan selesai pada kuartal kedua 2013. 

Sementara itu, pemilik Batavia Air, Yudiawan Tansari menjelaskan, setelah 10 tahun mengembangkan Batavia Air, sudah saatnya perusahaan mengembangkan diri dengan cara aksi korporasi. Ia lebih memilih untuk bermitra dengan Tony Fernandes dibandingkan mencari pinjaman ke bank.

Pertumbuhan industri penerbangan di Indonesia yang begitu pesat membuat manajemen menilai Batavia Air membutuhkan mitra untuk bersaing dan berkembang. "Dari hanya charter pesawat hingga saat ini, sudah saatnya mencari mitra. Saya senang AirAsia akan membawa Batavia Air terbang lebih tinggi," katanya. (art)

Terjebak Banjir di Dubai, Atta Halilintar Tetap Kirim Doa untuk Sulawesi Utara
Viral Aksi Pengemudi Toyota Fortuner

Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara

Aksi Pierre WG Abraham, pengemudi mobil Toyota Fortuner yang pakai pelat dinas palsu ditegaskan mencoreng institusi TNI.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024