BISNIS

Wirausahawan Mapan Siap Turun ke Masyarakat

Para wirausahawan ini diharapkan bisa membuat jaringan bisnis besar.
Jum'at, 27 Juli 2012
Oleh : Tommy Adi WibowoBima
Pelatihan Wirausaha Mapan.

VIVAnews - Kompetisi wirausahawan Mapan telah berhasil mencetak ribuan wirausahawan baru yang tersebar di 11 regional di Indonesia. Para wirausahawan muda ini berasal dari SMU hingga Mahasiswa. Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa, mengatakan para wirausahawan muda ini akan dijadikan satu membentuk sebuah komunitas bisnis yang terintegrasi sehingga bisa tumbuh besar.

"Mereka para pemenang ini setelah mendapatkan pelatihan oleh para pakar bisnis dan akademisi selanjutnya dibimbing untuk menjalankan bisnisnya. Mereka ini akan di integrasikan satu sama lain sehingga membentuk jaringan bisnis yang sangat besar," tegas Hatta Rajasa.

Kompetisi Wirausahawan Mapan ini berhasil menciptakan ribuan pemuda untuk menjalankan wirausaha di 11 regional di seluruh Indonesia. Sebanyak 25 pemenang wirausahawan MAPAN dari regional Jakarta mendapatkan hadiah modal sebesar Rp5 juta rupiah per pemenang.

Sedangkan para pemenang kompetisi wirausahawan Mapan di daerah, juga akan mendapatkan bantuan modal dan pendampingan, sehingga usaha yang mereka jalankan bisa berjalan dengan sukses.

Hatta Rajasa menambahkan, "setelah mendapatkan gemblengan dari para pakar bisnis, maka semua pemenang kompetisi Mapan ini siap untuk terjun ke masyarakat dan mengembangkan bisnis mereka. Kita juga memberikan bantuan modal dan akan terus memfasilitasi mereka untuk mendapatkan modal tambahan di perbankan sehingga bisnis mereka bisa menjadi besar".

Para mahasiswa dan pelajar SMU sangat antusias mengikuti kompetisi Mapan ini demi mengembangkan bakat mereka untuk bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain. "Kita harus kembangkan bibit-bibit wirausahawan semacam ini di Indonersia agar bangsa ini bisa semakin maju dan tidak tergantung dengan produk dari luar negeri," kata Hatta.

Hari ini, sebanyak 25 orang wirausahawan muda Mapan mengikuti pameran pasar anak negeri yang melibatkan tidak kurang 200 wirausahawan lebih yang digelar Partai Amanat Nasional di JCC. Ke-25 wirausahawan mapan tersebut dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang dan Makasar.

Hatta berharap pengembangan bibit-bibit wirausahawan di kalangan anak muda dapat berkembang secara cepat, sehingga defisit wirausahawan yang dialami Indonesia bisa dikurangi. Selain itu, Indonesia diharapkan bisa menyaingi negara-negara di Asia Tenggara yang telah lebih dulu mengembangkan wirausahawan muda. (adi)

TERKAIT
TERPOPULER