Ambisi Menkeu, Bentuk Koperasi Tingkat Dunia

Lambang koperasi Indonesia
Sumber :
  • http://entegila.wordpress.com

VIVAnews - Pemerintah bermimpi Indonesia suatu saat bakal memiliki koperasi yang masuk kancah internasional. Rancangan Undang-Undang (RUU) Koperasi yang dibahas saat ini diharapkan bisa memenuhi ambisi itu.

"Yang harus dipikirkan adalah kami sedang ingin berdiskusi dengan Kementerian Koperasi mengenai bagaimana menyiapkan UU atau satu platform supaya koperasi bisa berkembang," kata Menteri Keuangan, Agus Martowardojo di Jakarta, Selasa, 31 Juli 2012.

Agus menjelaskan, pemerintah berharap koperasi di Tanah Air bisa berkembang pesat, namun dengan aturan yang memadai.

Menurut Agus, pemerintah saat ini tengah memfinalisasi draf RUU Koperasi. Dengan aturan hukum ini, peran dan fungsi lembaga mikro tersebut akan menjadi lebih jelas.

"Koperasi sesuai UU harus menjadi salah satu soko guru ekonomi Indonesia," katanya. 

Dalam pembahasan kali ini, setidaknya terdapat empat poin yang menjadi pembicaraan para pemangku kepentingan. Keempat isu itu adalah perizinan lembaga keuangan mikro, batasan geografis koperasi, lembaga keuangan mikro yang lebih leluasa bergerak, serta hubungan koperasi dan lembaga keuangan mikro.

"Jadi, penjelasannya, kalau koperasi itu fondasinya dari anggota untuk anggota. Kalau lembaga keuangan mikro itu bukan berarti dari anggota, dia bisa menghimpun dana dari masyarakat," katanya.

Untuk lembaga keuangan mikro sendiri, berkembang pemikiran agar perizinan lembaga tersebut diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau hanya cukup pemerintah daerah.

Selain itu, berkembang pemikiran bahwa lembaga keuangan mikro adalah lembaga setingkat kecamatan yang aturannya tidak perlu ketat, sehingga bisa menghimpun dana masyarakat bukan dari anggota. (art)

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024