Pemerintah Minta Pengusaha Mal Sediakan SPBG

Angkot dipasangi konverter bahan bakar gas
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews - Pemerintah meminta pemilik pusat-pusat perbelanjaan seperti mal mendukung penyediaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG). Permintaan ini demi mendukung kebijakan konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Rudi Rubiandini, mengatakan program SPBG di mal itu guna memastikan ketersediaan BBG bagi masyarakat ketika kebijakan konversi tersebut mulai diterapkan. Di pusat perbelanjaan misalnya, bisa dibangun SPBG Mobile.

"Jadi, selain SPBG reguler, nanti kita juga menyediakan SPBG mobile. Siapapun yang datang ke supermarket bisa mengisi bahan bakar," ujar Rudi di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis 3 Agustus 2012.

Rudi mengatakan SPBG mobile berupa mobil pengisian BBG yang parkir di pelataran mal. Untuk perizinannya, Kementerian ESDM telah berkoordinasi dengan pengusaha-pengusaha pusat perbelanjaan yang ada. "Karena jika mengandalkan yang reguler, maka akan kurang," tambahnya.

Langkah itu juga diambil untuk mensukseskan momentum pencanangan hari konversi BBM ke gas yang ditetapkan pemerintah pada tanggal 10 Desember 2012.

Hari bersejarah tersebut akan ditandai dengan peresmian SPBG pertama yang siap beroprasi dari 35 SPBG yang dijanjikan pemerintah guna memenuhi kebutuhan BBG di Jakarta dan Surabaya pada tahap awal.

"Kami minta Pertamina menyiapkan dan pertamina menyanggupi 10 Desember siap beroperasi yang pertama," Kata Rudi.

Saat ini, menurutnya, proses pelelangan proyek pembangunan SPBG telah dilakukan oleh Kementerian ESDM. Namun untuk di Jawa Timur masih terkendala soal lahan yang belum dibebaskan guna proyek tersebut. "Ternyata lebih mengekspansi dari yang sudah ada," tandasnya.

Sementara untuk pasokan gasnya, kata rudi, BP migas telah ditugasi bertanggungjawab menangani hal tersebut. Tahap awal BP migas akan menyelesaikan perjanjian jual beli gas dengan KKKS dan pertamina sebanyak 35,5 MMFCD. (ren)

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis
Kubu pasangan 01 Anies-Muhaimin dan kubu 03 Ganjar-Mahfud saat sidang putusan sengketa Pilpres 2024 di MK

Lucu Jika Kubu 01 dan 03 Gabung ke Prabowo, Pakar: Haram Hukumnya, Mereka kan Nuduh Curang

Bagi pakar politik, dinamika akan terlihat lucu jika yang menuduh curang hasil Pilpres 2024 tapi mau bergabung ke koalisi Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024