Pabrik Terbesar L'oreal di Dunia Dibangun di Karawang

Chatib Basri
Sumber :
  • facebook.com

VIVAnews - Perusahaan kosmetik L'oreal secara resmi akan membuka pabrik terbesarnya di dunia pada tujuh November nanti. Pabrik tersebut berada di Karawang Jawa Barat.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri mengatakan, perusahaan asal Prancis tersebut memilih memindahkan produksi terbesarnya ke Indonesia, karena Indonesia merupakan pasar potensial kosmetik. "Mereka akan bikin pabrik terbesar di dunia," ujar Chatib di Kantor Bappenas, Jakarta, Kamis 30 Agustus 2012.

Chatib mengungkapkan, dengan pembangunan ini, secara total L'oreal telah berinvastasi sebesar US$ 1 miliar sampai saat ini. Angka tersebut dapat meningkat, seiring dengan rencana ekspansi perusahaan tersebut kedepannya.

Selain itu, Chatib juga menyebutkan, BKPM telah melakukan pertemuan denganĀ  perusahaan ban asal Italia yaitu Pirelli. Perusahaan tersbut telah menyampaikan dan sudah disetujui menanamkan investasinya sekitar US$ 126 juta pada tahun ini. "Pireli sudah masuk, yg baru expand yg dtg ke saya tadi pagi itu, sudah kita approve US$ 126 juta," tandasnya.

Perusahaan yang akan membuka pabriknya yaitu pabrik popok asala Jepang, PT Nippon Shokubai akan mulai beroperasi secara komersial pada Agustus 2013. Saat ini pembangunannya sudah mencapai 70 persen. Pabrik itu akan dibangun di kawasan industri Cilegon. Pembangunan pabrik tersebut menelan investasi sebesar US$300 juta. Pabrik tersebut guna memenuhi permintaan pasar di Indonesia dan sebagian kawasan Asia nantinya. (adi)

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus
Situasi bangunan Pasar Kutabumi telah dibongkar

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Pembongkaran Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, kembali diwarnai kerusuhan, Jumat, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024