Orang Kaya RI Bikin TV Berbayar, Apa Menariknya?

Jonathan Tahir
Sumber :
  • VIVAnews/Hadi Suprapto

VIVAnews - Pasar nasional televisi berbayar nasional sebentar lagi akan diramaikan Topas TV, salah satu divisi usaha baru Grup Mayapada. Jonathan Tahir, mengatakan telah menggelontorkan investasi sekitar Rp100 miliar untuk membangun bisnis ini.

"Kami sudah siap tayang untuk Jakarta dan Jawa Barat," kata Jonathan yang juga komisaris utama Topas TV kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis 6 September 2012.

Investasi ini bukan main-main, sebab di tangan Jonathan, Grup Mayapada tengah fokus mengembangkan lini bisnis baru: teknologi informasi. Menurut dia, saat ini tak mungkin hidup tanpa teknologi, termasuk dalam bisnis.

Lalu apa yang menarik dari televisi berbayar bagi grup yang sudah mapan pada sektor perbankan dan properti ini? Di Indonesia pangsa pasar televisi berbayar sangat tinggi, sementara penetrasinya masih sangat rendah, baru sekitar 3 persen. Sedangkan negara-negara di ASEAN sudah lebih dari 30 persen. Malaysia misalnya 54 persen, Singapura 65 persen, dan Thailand 38 persen.

"Jadi masih ada potensi yang sangat besar. Apalagi penduduk Indonesia lebih dari 250 juta."

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Sebagai pendatang baru, mereka pun siap bersaing dengan pemain-pemain lama, seperti Indovision dan First Media. Salah satu yang akan ditawarkan adalah harga yang kompetitif. "Kami yakin masih di bawah harga-harga yang lain," katanya.

Topas TV kini tengah mengembangkan jaringan di wilayah-wilayah di luar Jawa Barat dan Jakarta, termasuk ke wilayah Indonesia timur. "Kami menggunakan satelit, jadi infrastrukturnya lebih mudah," kata Presiden Direktur TopasTV Ronald Kumalaputra.

Saat ini seluruh kontrol televisi berbayar ini berada di lantai 5, Mayapada Tower, Jakarta. Termasuk studio untuk acara lokal. (umi)

Ilustrasi proyek pembangunan.

Perkuat Ukhuwah, KEIND Ingin Berkontribusi Lebih untuk Negara

Lebih dari 200 pengurus pusat, pengurus daerah, pengurus luar negeri serta para Dewan KEIND hadir dalam silaturahmi nasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024