Kunci Sukses Pasarkan Waralaba Bubur

Muhamad Suci Mardiko, pemilik waralaba Bubur'Qu
Sumber :
  • VIVAnews/Alfin Tofler

VIVAnews - Untuk menjaga kualitas mutu bubur ayamnya, Muhamad Suci Mardiko menetapkan standar yang sama tiap outlet di berbagai wilayah di Indonesia. ini rutin mengirimkan racikan bumbu kepada pewaralabanya.

"Mereka yang merasakan bubur saya di Kalimantan haruslah merasakan rasa yang sama dengan mereka di Sumatera dan Jakarta," ujar Suci kepada VIVAnews, beberapa waktu lalu.

Pria lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini mengungkapkan bubur merupakan jenis kuliner yang cepat basi jika didistribusikan secara langsung. Untuk itu, ia mengajarkan kepada pewaralabanya untuk membuat buburnya sendiri.

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

“Jadi, buburnya diproduksi secara lokal. Kami hanya beri bumbu racikan dan bagaimana caranya, mereka yang mempraktikkan," ujarnya.

Pihaknya rutin mengirimkan bumbu untuk bubur, topping, dan bumbu kuah bubur kepada pewaralabanya. Hal itu yang membuat standar semua outlet sama. "Mungkin hanya beras yang berbeda, untuk topping, mereka tinggal mengukusnya," ujarnya.

Suci merupakan pemiliki waralaba dengan merek Bubur'Qu. Saat ini, ia memiliki 70 outlet Bubur'Qu di seluruh pulau besar di Indonesia, kecuali Papua. Suci rela manajer demi berwirausaha sebagai penjual bubur.

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Dia menjelaskan, dalam waralabanya ada dua sistem yang ditawarkan oleh manajemennya, yaitu sistem pengelolaan pribadi atau sistem waralaba autopilot. Sistem waralaba dengan pengelolaan pribadi, menurut Suci, berarti pewaralaba mengelola sendiri gerainya dan keuntungannya sepenuhnya dimiliki pewaralaba.

Sedangkan sistem waralaba autopilot adalah sistem investasi murni, di mana pewaralaba mempercayakan gerainya kepada manajemen dan tiap bulannya keuntungan akan dibagi dua. “Dengan sistem investasi murni, kami perkirakan akan balik modal pada bulan kedelapan. Paling lama mungkin 12 bulan untuk modalnya kembali,” ujarnya.

Untuk memastikan gerainya berjalan dengan baik, Suci mewajibkan pewaralaba mendatangkan trainer yang telah disiapkan. Hal ini dilakukan agar sajian buburnya bisa memiliki standar yang sama. (art)

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR
Gerhana Matahari.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Menurut NASA, jangan heran jika Anda atau seseorang di sekitar akan menangis ketika menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024