Indonesia Pengutang Terbesar JBIC

Departemen Keuangan
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Japan Bank for International Cooperation (JBIC) mengungkapkan, Indonesia adalah debitor terbesar yang memperoleh fasilitas pinjaman dari institusinya. JBIC menilai iklim investasi yang baik menjadi salah satu alasan mengapa bank asal Jepang itu memberi kepercayaan tinggi terhadap Indonesia.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) JBIC, Hiroshi Watanabe, meskipun tidak mencapai skala 100, penilaian JIBC terhadap kerja sama dengan Indonesia sangat tinggi. "Secara garis besar, Indonesia telah memenuhi lima kriteria utama pemberian pembiayaan oleh JBIC," ujar Watanabe di Jakarta, Jumat 28 September 2012.

Kelima kriteria tersebut menurut Watanabe, pertama, dapat menjalankan proyek secara efisien. Kedua, transparan dalam menjalanan prosedur. Ketiga, tidak terlibat atau terindikasi tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme. Keempat, peduli terhadap isu-isu lingkungan dalam menjalankan proyek. Kelima, JBIC akan memberikan pinjaman kepada negara yang peduli perdamaian dunia.
 
Kelima kriteria tersebut merupakan dasar utama dikabulkannya pinjaman yang diajukan debitor. Sayangnya, untuk Indonesia, dia tidak menjelaskan secara spesifik berapa total pembiayaan yang telah diberikan. Sebab, masih ada yang sedang dalam proses negosiasi.

Dia menjelaskan, JBIC juga menawarkan pembiayaan proyek distribusi listrik ke Indonesia. Watanabe mengatakan, selama ini, kerja sama yang dilakukan lebih fokus pada pembangunan pembangkit listrik.

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah

Jepang, dia melanjutkan, ingin membantu Indonesia dalam pengelolaan listrik yang baik. "Karena, Jepang memiliki teknologi yang sangat canggih," tambahnya.

Menurut dia, banyak perusahaan Jepang yang telah menyatakan minatnya untuk mengembangkan teknologi tersebut di Indonesia. Mereka melihat pasar Indonesia yang sangat menjanjikan, dengan jumlah penduduk yang banyak. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan masih akan terus terjadi di tengah khisis ekonomi yang sedang melanda saat ini. (art)

Sopyan Dado

Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini

Keluarga Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Ungkap Hal Ini

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024