Demo Buruh Jangan Sampai Dipolitisasi

MS Hidayat dan Gita Wirjawan
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Menteri Perindustrian MS Hidayat menyayangkan aksi mogok dan unjuk rasa buruh yang sampai melakukan sweeping ke pabrik-pabrik di Jakarta. Sebab hal itu bisa menghambat perekonomian.

"Ini akan mempengaruhi produksi dan ujungnya menghambat perekonomian," kata MS Hidayat di sela Rapimnas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Hotel Sheraton Mustika, Yogyakarta, Rabu 3 Oktober 2012.

Ia menuturkan, dia mendukung para buruh dalam memperjuangkan haknya sebagai wujud demokrasi. Namun, isu atau wacana sistem outsourcing itu dipolitisir. "Jangan sampai tema outsourcing itu dipolitisasi. Itu semua bisa dibicarakan," ujarnya.

Jangan dipolitisasi
Anggota Komisi IX DPR Chusnunia Chalim menilai tuntutan-tuntutan para buruh sebenarnya sudah diakomodasi pemerintah dengan menerbitkan peraturan tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Hidup Layak, serta pengaturan sistem kerja alih daya atau outsourcing.

Meski begitu, Chusnunia menghimbau, jika para buruh merasa aspirasinya belum terakomodir, maka langkah yang perlu diambil adalah dengan jaln dialog. "Pertemuan tripartit bisa untuk mencari solusi," ujar Chusnunia, Rabu 3 Oktober.

Chusnunia yang merupakan Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga mengaku, solusi yang dilakukan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi sudah baik. Yakni dengan dikeluarkannya Peraturan Menakertrans Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Pencapaian Hidup Layak yang merupakan revisi Permenakertrans No 17/PER/VIII/2005.

Apalagi, solusi yang dikedepankan itu sudah melibatkan seluruh elemen serikat buruh dalam mengakomodir tuntutan buruh selama ini, yakni menolak upah murah dan sistem outsourcing.

Selain itu, Chusnunia juga mendukung langkah Kemenakertrans yang terus melakukan upaya penghapusan outsourcing. Ia juga meminta, jika ada perusahaan outsourcing yang nakal, Kemenakertrans tak perlu ragu mencabut izin perusahaan outsourcing yang bersangkutan.

Jusuf Wanandi Beberkan Alasan Dukung Prabowo: Di Antara 3 Capres, Hanya Prabowo yang Siap
Aktris Tsania Marwa jadi Saksi dalam Sidang MK Perihal Hak Asuh Anak

Perjuangan Tsania Marwa Bertemu Buah Hati, Akses Hak Asuh Anak Ditutup Mantan Suami

Tsania Marwa terus berjuang setelah memenangkan putusan mengenai hak asuh anak saat bercerai dengan Atalarik Syah. Dia terus memperjuangkan haknya untuk bersama anak

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024