BISNIS

Merek-merek Termahal di Jagat Olahraga (I)

Merek termahal di bidang olahraga ini dibagi dalam empat kategori.

ddd
Kamis, 18 Oktober 2012, 09:54 Syahid Latif
Desain stadion Piala Dunia Qatar 2022
Desain stadion Piala Dunia Qatar 2022 (http://www.qatar.to)

VIVAnews - Media ekonomi terkemuka, Forbes, merilis daftar 40 merek termahal di jagat olahraga dunia. Mulai dari merek alat hingga ajang olahraga dianggap layak masuk jajaran merek termahal.

Dikutip VIVAnews dari laman Forbes, Kamis, 18 Oktober 2012, merek-merek termahal di jagat olahraga itu dikelompokkan ke dalam empat kategori besar. Yaitu, bisnis, ajang, atlet, dan tim.

Menjadi merek termahal di dunia menuntut nilai uang yang besar dibandingkan para pesaingnya. Nilai merek itu merupakan kombinasi dari ukuran serta keuntungan yang bisa diraih.

Produk Termahal

Pada kategori pertama ini, Forbes menghitung kemampuan sebuah merek dalam menciptakan keuntungan dalam hal transaksi. Selanjutnya, Forbes membandingkan rata-rata nilai perusahaan dengan bisnis serupa. Perbedaan antara nilai produk bisnis sebuah perusahaan dengan rata-rata nilai industri akan menunjukkan nilai keunggulan dari produk tersebut.

Dari metode perhitungan tersebut, Forbes menempatkan tiga besar merek bisnis olahraga termahal di dunia.

1. Nike

Dengan nilai US$15,9 miliar, di luar Cole Haan, Converse, Umbro, dan Hurley, Nike menjadi merek produk termahal di jagat olahraga. Dibandingkan 2007, terjadi kenaikan nilai merek sebesar 9,7 persen dari sebelumnya US$1,4 miliar. Penjualan Nike sepanjang 2012 telah mencapai US$21,8 miliar dan rasio price to book value saham Nike mencapai 4,4 atau dua kali lipat dari rata-rata pasar.

2. ESPN

Merek saluran media khusus liputan olahraga ini ditaksir bernilai US$11,5 miliar. ESPN kini ditonton lebih dari 100 juta warga AS dengan harga berlangganan 18 kali lebih mahal dibandingkan rata-rata televisi berbayar.

3. Adidas

Produk olahraga resmi Olimpiade London 2012 dan Piala Euro ini ditaksir memiliki nilai merek hingga US$6,8 miliar. Penjualan Adidas sepanjang 2011 naik 13 persen menjadi US$12,9 miliar. Tahun ini, diperkirakan penjualan kembali menjadi dua digit

Ajang Termahal

Pada kategori ini, Forbes menghitung nilai merek berdasarkan rata-rata pemasukan dari sponsor, tiket, dan merchandise dari sebuah ajang yang berlangsung dalam satu hari.

1. Super Bowl

Ini adalah ajang olahraga paling mahal di dunia dengan nilai mencapai US$470 juta. Pada Super Bowl ke-46, NBC mematok harga rata-rata iklan sebesar US$3,5 juta. Total pemasukan pada ajang ini mencapai US$245 juta hanya dari iklan. Nielsen mencatat 111,3 juta orang menonton pertandingan football khas Amerika Serikat itu.

2. Olimpiade Musim Panas

Nilai merek ajang olahraga ini mencapai US$348 juta. Tercatat hak komersial pada ajang olimpiade ini pada 2009-2012 mencapai US$8 miliar atau naik 47 persen dibandingkan ajang sebelumnya. Tak kurang dari 219 juta warga AS menonton ajang ini.

3. Piala Dunia

Ajang terbesar olahraga sepakbola ini ditaksir bernilai US$147 juta. Tak kurang dari 111,6 juta warga AS menonton paling tidak 6 menit pertandingan sepakbola pada Piala Dunia 2010. Jaringan televisi ESPN tercatat ditonton oleh lebih dari 2,6 juta per pertandingan, atau naik 41 persen dibanding 2006. (art)

(Bersambung)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com