BBM Turun Tak Pengaruhi Harga Sembako

VIVAnews - Turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) tak serta merta menurunkan harga sembako. Menurut pengamat ekonomi Marzuki Usman, hal tersebut dipengaruhi oleh bebarapa faktor.

Dari faktor penawaran, kata Marzuki, produksi sembako dinilai tak elastis. Artinya, "kuantitas yang diproduksi tidak sensitif terhadap harga jual," ujar Marzuki pada acara diskusi publik, Badan Informasi Publik, Depkominfo RI, di Gedung Depkominfo, Selasa 4 Maret 2009.

Menurut Marzuki, harga jual sembako yang naik tinggi juga tidak diimbangi dengan peningkatan produksi. Makanan substitusi seperti umbi, jagung dan labu waluh juga terbatas.

Itu juga disebabkan oleh tidak bertambahnya areal pertanian. "Banyak areal pertanian di Jawa yang dijadikan areal perumahan atau areal industri," kata Marzuki.

Apalagi, hal itu diperparah dengan terjadinya berbagai bencana alam seperti banjir, longsor, atau gangguan hama.

Adapun faktor permintaan yang mempengaruhi harga sembako tak turun, adalah jalur distribusi yang tidak lancar. Ini, kata Marzuki, disebabkan oleh infrastruktur transportasi masih belum sempurna, seperti terbatasnya akses jalan tol

Dari segi pasar, Marzuki menengarai praktek menopoli oleh Bulog, sebagai penjual dan pembeli terbuka, sebagai salah satu faktor penyebab tak kunjung turunnya harga sembako.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne
Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024