Apindo: Ratusan Perusahaan Jadi Korban Aksi Sweeping Buruh

Aksi Sweeping Buruh
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Catatan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) hingga Oktober 2012 menunjukkan sebanyak 292 perusahaan yang tergabung dalam organisasinya terkena aksi intimidasi para pekerja mulai dari sandera karyawan hingga perusakan pabrik.

Ketua Umum Apindo, Sofjan Wanandi, menjelaskan, penggerebakan pabrik ini terjadi di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Perusahaan asing pun tidak luput terkena aksi sweeping para buruh.

"Perusahaan joint venture Jepang yang terkena 46 perusahaan, ada juga puluhan perusahaan Korea Selatan, Eropa, dan Amerika Serikat terkena intimdasi," kata Sofjan di Jakarta, Rabu 7 November 2012.

Ia menjelaskan, beberapa perusahaan seperti PT Hero Supermarket Tbk, Panarub, dan pabrik suku cadang otomotif, PT San Ching Indonesia, juga terkena sweeping dan perusakan. "Bahkan PT San Ching menelan kerugian Rp4 miliar dan puluhan karyawan luka-luka karena aksi sweeping," katanya.

Di luar anggota Apindo, kalangan pengusaha juga mengungkapkan adanya sejumlah perusahaan lain yang mengalami aksi intimidasi dari para buruh. Sebanyak 48 perusahaan yang tidak tercatat di Apindo telah melapor adanya aksi buruh yang berujung anarkis itu.

Klaim dari organisasi para pengusaha ini dibenarkan Direktur Sumber Daya Manusia Hero Supermarket, Yudhi Komarudin. Dia menuturkan, gudang Hero Supermarket di Cibitung tidak luput terkena demonstrasi para buruh yang sebenarnya bukan dilakukan oleh karyawan Hero.

"Yang demo bukan karyawan Hero, melainkan mantan karyawan outsourcing," katanya.

Ia menyayangkan aksi demonstrasi tersebut tidak memiliki izin kepolisian. Bahkan, karyawan Hero yang bekerja di gudang diinterogasi oleh para demonstran yang mengakibatkan gudang Hero sempat ditutup beberapa hari. Tak hanya itu, aksi mereka juga berdampak cukup panjang kepada kondisi karyawan Hero. 

"Karyawan kami takut bekerja, karena khawatir sewaktu-waktu ada demonstrasi. Akhirnya kami tutup gudang selama beberapa hari. Namun, karyawan tetap kami gaji, karena tutup bukan atas kemauan mereka," katanya. (art)

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya
Pakar Hukum Internasional, Hikmahanto Juwana

Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

Guru Besar Hukum Internasional (UI) Hikmahanto Juwana menyarankan agar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi segera menghubungi Menlu Iran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024