Dituduh Penyebab Mogok Pengusaha, Apa Jawab Buruh

aksi demo buruh di bekasi
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Kalangan pengusaha mengeluhkan aksi buruh yang dianggap telah bertindak anarkis dengan men-sweeping karyawan di sebuah pabrik, namun didiamkan oleh aparat keamanan. Akibatnya, sebanyak 292 pabrik terpaksa berhenti beroperasi karena adanya aksi penutupan pabrik ini.

Menanggapi aksi tersebut, Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Yorris Raweyay di Jakarta, Rabu, 7 November 2012 mengaku menyesalkan aksi sejumlah serikat pekerja buruh yang berdemonstrasi dan melakukan provokasi dengan mengatasnamakan buruh.

"Kalau kami diprovokasi begini, kami tidak tinggal diam. Kami akan melawan cara-cara provokasi atas nama buruh. Aksi anarkis ini memberikan citra buruk terhadap buruh," kata Yorris.

Sebagai organisasi buruh tertua dan terbesar, dengan 6,7 juta anggota, Yorris mengatakan pihaknya akan mengkonsolidasikan seluruh serikat buruh dengan cara memberikan pendidikan terhadap para pekerja yang merupakan mitra pengusaha.

Daripada menggelar aksi demontrasi yang berujung anarkis, KSPSI mengajak seluruh buruh untuk bersama-sama meminta revisi UU No. 13 Tahun 2003. "Kami sedang melakukan upaya-upaya akademik untuk merevisi," katanya.

Sebelumnya, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengungkapkan keresahan para pelaku bisnis terhadap aksi radikal para buruh dalam setiap aksi demonstrasi. Para pelaku usaha ini menyoroti sikap aparat penegak hukum yang dianggap melakukan pembiaran terhadap aksi tersebut.

Akibat aksi itu, sebanyak 6 dari 10 perusahaan asing telah menutup operasi pabrik mereka di Indonesia. Para pebisnis ini memilih merelokasi usahanya ke sejumlah negara Asia seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam. (umi)

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi
Ramen.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Ramen is a type of noodle soup dish that is made with wheat noodles, broth, and toppings. Instant ramen may include a flash-fried or air-dried block of noodles, a flavour

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024