Seperti Apa Unit Kerja Pengganti BP Migas?

Logo BP Migas
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Mantan Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), Raden Priyono, menjelaskan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sedang mengkaji unit kerja pengganti BP Migas. Keputusan membentuk unit kerja baru pengganti BP Migas akan diputuskan dalam peraturan Presiden.

Priyono menjelaskan, dalam rapat semalam, Selasa 13 November 2012, ada dua pilihan yang mencuat sebagai pengganti BP Migas. "Bentuk pertama itu menteri merangkap sebagai kepala unit, seperti Menristek-BPPT atau Menteri PPN-Kepala Bappenas," kata Priyono di kantornya, Rabu 14 November 2012.

Sementara itu, pilihan kedua adalah menteri terpisah dengan unit kerja, di mana unit pelaksana di bawah menteri ESDM. Namun, cara kedua ini dipandang lebih sulit, karena kepala BP Migas dalam sebulan bisa menerima 8 ribu surat.

Dengan berada di bawah menteri ESDM, maka para perusahaan migas akan terhambat birokrasi. Urusan Work Program and Budget, Plan of Development, Authorization For Expenditure, persetujuan tender, dan ekspor akan lebih lama dibandingkan saat digarap BP Migas.

Menurut dia, akan lebih mudah jika pengganti BP Migas berbentuk badan usaha independen. Karena, secara operasional, badan operasional lebih cepat memutuskan dibandingkan berada di bawah Kementerian ESDM. "Namun, itu semua kembali ke pemerintah mau bentuknya seperti apa," katanya.

Ia menjelaskan, pembentukan unit kerja ini dasar hukumnya putusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan pengelolaan migas harus di bawah menteri dan jika dibuat satu dirjen khusus tidak mungkin, karena organisasi Kementerian ESDM telah ditentukan UU. "Jadi, satu-satunya jalan keluar adalah membentuk satu unit kerja," katanya.

Namun, sebagai pengamat energi, ia mempertanyakan keputusan ini, karena dengan membentuk unit kerja di bawah Kementerian ESDM, membuat negara berbisnis dengan perusahaan. "Nanti, kalau ada dispute dengan pengusaha, maka akan aneh, perusahaan melawan negara," katanya. (art)

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?
Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024