Ikuti Laju Wall Street, Bursa Asia Jatuh

Bursa saham di Seoul
Sumber :
  • REUTERS/ Lee Jae-Won

VIVAnews - Indeks saham di papan utama Asia sebagian besar jatuh pada perdagangan Kamis 15 November 2012, mengikuti penurunan Wall Street semalam akibat berlanjutnya kekhawatiran investor atas ancaman "fiscal cliff" atau pengetatan fiskal Amerika Serikat yang semakin dekat.

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Selain itu, meningkatnya ketegangan di Timur Tengah setelah Israel melancarkan serangan terhadap militan Palestina di Gaza turut memengaruhi minat investor dalam memburu saham di bursa.

Indeks MSCI Asia Pasifik di luar bursa saham Jepang, tercatat pada transaksi hari ini turun 0,5 persen. Namun, indeks Tokyo Nikkei 225 naik 0,6 persen.

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian

"Saham-saham AS jatuh, dan ada kekhawatiran tentang situasi yang berkembang di Israel, sehingga membuat investor berhati-hati dan outlook ke depan semakin tidak jelas," kata Kenichi Hirano, kepala operasi Tachibana Securities di Tokyo, seperti dilansir dari laman Reuters.

Seperti diketahui, bursa saham AS turun lebih dari satu persen pada akhir perdagangan Rabu waktu setempat, setelah Presiden Barack Obama kembali menegaskan seruannya pada orang kaya untuk membayar pajak yang lebih tinggi.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Hal itu, tentunya jelas menunjukkan akan adanya pertentangan antara Gedung Putih dengan Kongres Partai Republik dalam menentukan anggaran fiskal.

Selain itu, investor juga khawatir bahwa paket kenaikan pajak dan pemotongan belanja negara yang mulai berlaku tahun depan jika tidak disetjui anggota Kongres AS akan menyebabkan negara dengan ekonomi terbesar dunia itu kembali resesi.

Dow Jones Turun 185 Poin

Indeks Dow Jones, seperti dikutip dari laman Washington Post, ditutup turun 185,23 poin atau 1,5 persen di posisi 12.570,95. Indeks Standard & Poor’s 500 melemah 19,04 point atau 1,4 persen menjadi 1.355,49. Nasdaq Composite Index terkoreksi 37,08 poin atau 1,3 persen ke level 2.846,81.

Sementara itu, Dow Jones dalam sepekan ini tercatat turun 244,44 poin atau 1,9 persen. Indeks S&P 500 melemah 24,36 poin atau 1,8 persen dan Nasdaq turun 58,06 point atau dua persen.

Sedangkan untuk periode Januari hingga saat ini, tercatat Dow Jones terangkat 353,39 poin atau 2,9 persen. Indeks S&P 500 menguat 97,89 poin atau 7,8 persen dan Nasdaq Composite naik 241,66 poin atau 9,3 persen. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya