Tiga Faktor Tingkatkan Daya Saing RI

M Nuh datangi cikeasi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh, menyatakan ada tiga hal yang harus dipenuhi untuk meningkatkan daya saing dan kualitas sumber daya manusia Indonesia. 

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Faktor pertama adalah pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu pendidikan dasar, kesehatan, dan ketersediaan infrastruktur. "Kalau mau bersaing, pertanyaan pertama adalah apakah kebutuhan dasar itu sudah terpenuhi atau belum," kata M Nuh di Jakarta, Jumat 23 November 2012.

Faktor kedua adalah efisiensi dengan pengelolaan manajemen yang baik serta memanfaatkan perkembangan teknologi. Pemerintah mengakui, saat ini masih mendorong faktor efisiensi itu untuk meningkatkan daya saing.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Selain kedua hal tersebut, peningkatan kreativitas manusia menjadi faktor ketiga dalam mendorong daya saing. Saat ini, baru sepertiga sumber daya manusia Indonesia yang kreatif tumbuh dari dunia pendidikan, sisanya dari faktor genetik.

Menurut dia, hal inilah yang harus diubah melalui perombakan kurikulum. Perubahan kurikulum ini diperlukan agar tingkat kreativitas Indonesia dari dunia pendidikan meningkat.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

"Seharusnya, kreativitas, dua pertiga diperoleh dari pendidikan dan sepertiga genetik bawaan. Makanya, kurikulum dirombak untuk memasukkan inovasi, karena tantangan ke depan begitu membutuhkan kreativitas," paparnya.

Selain itu, M Nuh memiliki cara jitu untuk mengembangkan kesempatan bisnis. Ia menganalogikan itu dengan istilah membeli masa depan dengan harga saat ini. 

Ia menjelaskan, mahalnya kesempatan bisnis di masa depan dapat diperoleh dengan mudah, jika pengembangan pendidikan saat ini diakselerasi. "Sehingga sumber daya manusia di masa depan memiliki kualitas yang tinggi," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya