Ini Empat Kategori Bank Berdasarkan Modal

Perbankan Nasional, Bank Permata, Bank Mayapada
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Bank Indonesia akhirnya menfinalkan rumusan aturan izin berjenjang atau multiple license. Aturan yang berlaku pada 2013 itu membagi empat jenjang industri perbankan berdasarkan modal inti.

Deputi Direktur Penelitian dan Pengaturan Perbankan BI, Irwan Lubis, mengungkapkan, aturan ini bertujuan meningkatkan daya saing perbankan menjelang persaingan bebas 2015. Untuk meningkatkan daya tahan perbankan, perlu ada perubahan struktur modal.

"Selama ini, kegiatan usaha sama sekali kurang dikaitkan dengan modal inti yang dimiliki," kata Irwan di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat 23 November 2012.

Ia menjelaskan, nantinya ada empat jenjang berdasarkan modal inti. Bank dengan modal Rp100 miliar hingga Rp1 triliun akan masuk kategori bank umum kelompok satu. Bank dengan modal Rp1 trilun hingga di bawah Rp5 triliun masuk kategori bank umum kelompok usaha dua.

Sementara itu, bank dengan modal inti Rp5 triliun hingga Rp30 triliun akan masuk bank umum kategori kelompok usaha tiga. Dan terakhir, bank dengan modal inti di atas Rp30 triliun akan masuk kategori bank umum kelompok usaha empat.

"Modal inti ini nantinya akan mendukung skala ekonomi dalam berekspansi, berkaitan dengan jenis bisnis bank yang akan dilakukan ke depan," tambahnya.

Dari sisi bisnis, dia melanjutkan, bank dengan modal kategori satu hanya bisa melakukan bisnis seperti giro, tabungan, kredit, dan hanya hal-hal yang bersifat generik. Bank yang masuk kategori itu bisa memperluas bisnisnya seperti bank asuransi atau bank devisa, tapi harus seizin BI.

Sementara itu, untuk bank umum jenis kategori kedua, akan mendapatkan izin bisnis lebih beragam dibanding bank kelompok satu, "Untuk bank model tiga dan empat, mereka bisa beroperasi di tingkat ASEAN," jelas Irwan.

Malam ini, BI menggelar acara tahunan bankers dinner, yang akan dihadiri seluruh direktur utama bank di Indonesia, menteri keuangan, dan pejabat lainnya. Dalam acara tersebut, BI akan memaparkan pandangan ekonomi pada 2013, termasuk kebijakan BI tahun depan.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

BI juga akan mengeluarkan beberapa kebijakan menyangkut izin berganda, kenaikan uang muka, dan loan to value kredit di bank syariah, capital equivalent maintenance asset (CEMA) untuk kantor cabang bank asing (modal berbentuk aset). (art)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Presiden Joko Widodo, turut menyampaikan ucapa selamat Jumat Agung kepada umat Kristiani, yang jatuh pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024. Pengorbanan Yesus bisa diresapi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024