Uang Muka KPR Bank Syariah Naik 1 April 2013

Gedung Bank Syariah Mandiri (BSM).
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Bank Indonesia akan memberlakukan aturan kenaikan uang muka dan loan to value (LTV) atau batas maksimal pemberian kredit pada bank syariah mulai 1 April 2013. Sama dengan aturan terhadap bank konvensional sebelumnya, aturan di bank syariah ini hanya berlaku bagi kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB).

Direktur Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia, Edy Setiadi, menjelaskan, BI melihat adanya kenaikan permintaan KPR dan KKB di industri syariah. "Trennya pun menunjukkan kenaikan 3 hingga 4 persen per bulan (mtm)," kata Edy di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat 23 November 2012.

Menurut dia, kenaikan uang muka KPR dan KKB tak jauh berbeda dengan industri perbankan konvensional, yaitu uang muka minimal 25 persen untuk pembelian kendaraan roda dua atau tiga.

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Sementara itu, uang muka minimal 30 persen bagi pembelian kendaraan bermotor roda empat untuk keperluan non produktif. Sedangkan uang muka paling kurang 20 persen untuk pembelian kendaraan bermotor roda empat.

"Untuk kredit pembelian rumah, LTV paling tinggi 70 persen untuk pembiayaan pemilikan rumah 70 meter persegi dengan akad Murabahah," ujarnya.

Ia menambahkan, uang muka untuk rumah paling tinggi 80 persen untuk pembiayaan pemilikan rumah dengan metode akad Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) dan akad Ijarah Muntahiyah Bittamlik (IMBT)

"Dulu kami memang mengejar pangsa syariah, tapi kini lebih banyak yang konsumtif sekitar 40 persen dan 60 persen produktif," tambahnya.

Aturan mengenai kredit di bank syariah ini merupakan salah satu pembahasan bankers dinner malam ini, Jumat, 23 November 2012. Dalam acara tersebut dihadiri menteri keuangan dan seluruh direktur utama bank di Indonesia. Selain mengenai bank syariah, BI juga membahas aturan izin berganda. (art)

Manajer Chelsea, Mauricio Pochettino

Pemain Chelsea Rebutan Penalti, Mauricio Pochettino: Ini Seperti Anak Kecil Memalukan

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino mengkritik sejumlah pemainnya usai rebutan penalti saat menghadapi Everton.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024