Jika Kuota Tak Cukup, Pemerintah Terpaksa Impor Daging

Mendag Gita Wirjawan saat jumpa pers hasil pertemuan G20 di Meksiko
Sumber :
  • Antara

VIVAnews -- Stok daging kurang membuat harganya melambung tinggi. Terkait masalah ini, Menteri Perdagangan RI Gita Wiryawan mengatakan pemerintah berniat kembali mengimpor daging.

"Harga daging sudah turun sedikit.  Tapi akan kami tetap sikapi. Pak Hatta (Menko Perekonomian) sudah keluarkan pernyataan bahwa impor akan kami buka lagi untuk daging. Mudah-mudahan  bisa," kata Gita di Istana Negara, Jakarta, Senin 26 November 2012.

Penambahan kuota daging ini direncanakan untuk tahun 2013 mendatang. Namun, menurut Gita, apabila kondisinya mendesak, maka akan dilakukan percepatan penambahan kuota.

"Untuk stabilisasi harga, apa yang harus dilakukan. Langkahnya, cuma penyikapan impor. Tapi kita akan kaji mengenai pasokan dari dalam negeri apakah cukup atau tidak," kata Gita.

Mengingat pada Desember mendatang akan ada perayaan Natal dan Tahun Baru, pengecekan terhadap pasokan daging dari dalam negeri akan diintensifkan. Apabila pasokan tidak cukup, maka impor akan dilakukan,

"Kemungkinan impor Desember ini. Makanya kita akan ketemu dalam waktu dekat untuk mengkaji  data mengenai pasokan dari dalam negeri. Jumlah pastinya saya nggak tahu. Kemarin sudah dibahas di kantor Menko Perekonomian. Yang jelas, kuota tahun ini 38 ribu ton, kemungkinan akan naik," ujarnya.

Besaran penambahan kuota daging tersebut dipastikan Gita akan diputuskan dalam waktu dekat. (ren)

Alasan Wika Salim Semakin Yakin ke Max Adam, Bawa ke Keluarga Saat Lebaran
Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming Raka

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan

Presiden terpilih hasil Pemilu 2024 Prabowo Subianto menyebut kalau capaian suara Prabowo-Gibran sebesar 58,6 persen berdasarkan rekapitulasi KPU adalah capaian demokrasi

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024