Bapepam: Waspadai Perlambatan Ekonomi Global

gedung bapepam
Sumber :
  • VIVAnews/Jihad Akbar

VIVAnews - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) meminta pelaku pasar modal di Indonesia mewaspadai perkembangan kondisi ekonomi global. Saat ini, kondisi perekonomian dunia, terutama di Eropa tidak menjanjikan.

Walaupun belum minus, menurut Ketua Bapepam-LK, Ngalim Sawega, perekonomian Eropa cenderung menurun. "Indonesia masih lebih bagus, dalam artian mempunyai fundamental yang baik," ujar Ngalim di acara Investor Summit 2012 di Jakarta, Rabu 28 November 212.

Namun, Ngalim meminta semua pihak untuk tidak besar kepala dan tetap mawas diri. Terutama bagi para pelaku pasar modal untuk bersama-sama mengembangkan industri itu di dalam negeri.

Dia meyakini industri pasar modal Indonesia akan semakin cerah. Apalagi, seiring hadirnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membuat industri keuangan berdiri dalam satu atap.

Kinerja Self Regulatory Organization juga masih bagus. Kondisi itu terlihat dari pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang terus meningkat.

Untuk pengembangan pasar modal, menurut dia, tidak terlepas dari pembenahan infrastruktur, perbaikan sistem, hingga mengurangi human error.

Selain itu, bursa akan mewujudkan Investor Protection Fund (IPF) yang sudah bisa berjalan tahun ini. Masih masuknya investor asing ke Indonesia juga menunjukkan kepercayaan asing terhadap pasar modal Indonesia. (umi)

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Raih Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024
Ilustrasi Jasad

Pria Tanpa Identitas Tewas di Tol Dalam Kota, Diduga Tertabrak saat Menyeberang

Viral di media sosial seorang pria tergeletak tak bernyawa di dalam jalan Tol Dalam Kota sehingga membuat lalu lintas di ruas tol tersebut mengalami kemacetan.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024