Darmin Ungkap Kunci Indonesia Lolos dari Krisis

Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, mengungkapkan bahwa kunci sukses Indonesia dalam menghadapi krisis ekonomi saat ini adalah ketahanan.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Namun, apakah ketahanan tersebut akan cukup kuat membendung krisis global secara jangka panjang?

Darmin menjelaskan, ketahanan ekonomi Indonesia tersebut diperoleh karena pemerataan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di seluruh daerah. Hal itu membuat konsumsi domestik semakin kuat menopang pertumbuhan ekonomi.

Helikopter Militer Kenya Jatuh, Jenderal Ogolla Menjadi Korban

"Karena itu, sumbernya konsumsi, itu pertama-tama datang dari otonomi daerah. Dengan itu, 30 persen APBN dialokasikan ke seluruh daerah, yang tak pernah kita lakukan di masa lalu," ujar Darmin di Jakarta, Rabu 28 November 2012.

Tingginya konsumsi tersebut, dia melanjutkan, didukung dengan peningkatan investasi pada tahun ini. Kedua, motor ekonomi tersebut, dapat menopang penurunan ekspor yang terjadi akibat gejolak harga komoditas internasional.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

"Pada saat yang sama, kita memiliki bonus demografi, yakni tumbuhnya kelas menengah di Indonesia. Itu momentum luar biasa bagi setiap bangsa," tambah Darmin.

Untuk itu, menurut Darmin, kunci dalam menjaga ketahanan ekonomi yang dimiliki adalah pengelolaan APBN yang efisien dan tepat sasaran, sehingga benteng penahan krisis akan tetap kuat. "Jadi, percayalah dunia boleh mengalami krisis, ekonomi kita tetap kuat," tuturnya. (art)

Siswa SMK di Nias Selatan meninggal diduga dianiaya kepala sekolahnya

Imbas Kematian Siswa Diduga Dianiaya, Kepala Sekolah SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

"Sanksi sementara terhadap kepala sekolah, kami memberikan sanksi sesuai dengan aturan. Saat ini, proses pembelajaran berlangsung tanpa kepala sekolah (dibebastugaskan).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024