Harga Tanah di Kawasan Industri Naik Tipis

Perluasan Kawasan Industri KIIC
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Cushman & Wakefield memperkirakan kawasan industri bergeser ke koridor Bekasi dan Purwakarta. Permintaan daerah industri terus melonjak sejak 2010.

Research and Advisory Cushman & Wakefield, Wira Agus, menjelaskan, untuk 2013 akan ada tambahan pasokan daerah industri di wilayah pinggiran Jakarta seluas 700 hektare.

"Sebagian besar daerah industri tersebut berlokasi di koridor Bekasi dan Purwakarta," ujar Wira Agus di Jakarta, Kamis 13 Desember 2012.

Ia menjelaskan, salah satu tambahan pasokan daerah industri berasal dari Karawang International Industry City (KIIC) seluas 200 hektare. Sementara itu, sisanya berasal dari Karawang dan Purwakarta. Sebagian besar permintaan daerah industri bukan lagi berasal dari industri utama, melainkan industri-industri pendukung.

Assosiate Director of Research Cushman & Wakefield, Arief Raharjo, mengatakan, peningkatan permintaan daerah industri mulai melonjak luar biasa sejak 2010. Untuk kuartal empat 2012, Arief mengungkapkan, untuk pertama kalinya dalam satu tahun tidak ada pasokan baru untuk kawasan industri.

"Pertumbuhan ini tidak bisa diimbangi oleh penyedia kawasan industri," ungkapnya.

Akibatnya, harga penawaran tanah di kawasan industri pada kuartal keempat meningkat, namun cenderung melandai dibandingkan pertumbuhan periode sebelumnya. Rata-rata harga kawasan industri pun diperkirakan mencapai Rp1.674.000 per meter atau US$175 per meter persegi.

Untuk perkiraan 2013, dia menjelaskan, jumlah permintaan daerah industri masih belum terpenuhi, namun pasar kawasan industri akan tumbuh positif. (art)

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024