Ini Alasan Foxconn Tunda Investasi di RI

Para pekerja di suatu pabrik.
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip/Files

VIVAnews - Raksasa pembuatan barang elektronik dan teknologi asal Taiwan, Foxconn Technology Group menunda investasi pembangunan pabrik di Indonesia. Apa sebab?

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Ansari Bukhari, menjelaskan tertundanya investasi Foxconn senilai Rp50-100 triliun ini terkait permintaan insentif yang dapat diberikan kepada pemerintah.

Mengenai insentif yang diminta Foxconn, Ansari enggan membeberkan. "Saya tidak mau bicara apa yang diminta karena lagi dalam proses pembicaran," katanya di Jakarta, Senin 17 Desember 2012.

Ansari membantah tertundanya investasi yang diprediksi dapat menyerap satu juga tenaga kerja ini akibat maraknya isu upah minimum buruh di Indonesia beberapa waktu lalu.

Menurutnya, isu upah buruh itu terasa di industri tekstil dan alas kaki, sedangkan pabrik Foxcon, walaupun padat karya, namun juga padat teknologi sehingga kenaikan upah buruh tidak berdampak.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian, MS Hidayat, mengatakan penundaan investasi itu karena ada kebutuhan Foxconn yang berbeda dengan regulasi di indonesia.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Hidayat menargetkan paling lambat dalam enam bulan ke depan pabrik yang memproduksi sparepart untuk ponsel pintar ini akan beroperasi di Indonesia. (eh)

Ilustrasi nyamuk.

Health Minister Conveys How to Handle Arbovirus Disease

Indonesian Health Minister Budi Gunadi Sadikin stated that there are several ways to handle arbovirus diseases, which are transmitted through insect vectors such as mosqu

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024