Anindya Bakrie: Kontribusi UKM Bagi Ekonomi RI Masih Rendah

Anindya Novyan Bakrie di Acara Apec
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan Daerah Kadin, Anindya Novian Bakrie, mengungkapkan 94 persen usaha di Indonesia merupakan Usaha Kecil Menengah (UKM), namun UKM di Indonesia baru berkontribusi sepertiga dari total kontribusi perusahaan di Indonesia untuk mendorong perekonomian.

Anindya menjelaskan rendahnya kontribusi UKM tidak lepas dari masih kurangnya peran pemerintah dalam pemberdayaan UKM di Indonesia, khususnya di kawasan timur.

"Persoalan yang ada di daerah terutama di kawasan timur Indonesia adalah infrastruktur, konektivitas serta akses permodalan," ujarnya di Jakarta Rabu 19 Desember 2012.

Ia mencontohkan soal Akses permodalan misalnya, perbankan Indonesia masih sangat berorientasi pada proyek finansial dan mensyaratkan jaminan kolateral, bukan berdasarkan pendapatan.

Akibatnya, banyak inovasi para pebisnis pemula yang terhambat akses pendanaan dan akhirnya tidak berkembang lalu mati dengan sendirinya.

"Sementara untuk proyek-proyek infrastruktur menjadi tidak menarik, karena masih dikenakan suku bunga komersial," kata Presiden Direktur Bakrie Telecom Tbk tersebut.

Kadin, katanya, telah menyiasati permasalahan itu dengan mendirikan Palapa Fund, sebagai bentuk komitmen mendukung perkembangan UKM di Indonesia dengan memberikan bantuan pendanaan. Namun, tanpa peran aktif pemerintah dan sektor perbankan, upaya Kadin tidak akan maksimal.

Presiden Komisaris VIVA grup ini menyatakan berbagai hambatan ini menyebabkan Indonesia mengalami kekurangan pengusaha. Saat ini jumlah pengusaha di Indonesia baru 0,2 persen dari total penduduk, sangat rendah dibandingkan Amerika Serikat 10 persen, Singapura 7 persen dan Jepang 11 persen.

"Idealnya suatu negara memiliki 2 persen pengusaha dari total penduduknya," kata generasi ketiga keluarga Bakrie ini.

Tinggalkan Kodam Jaya, Mayjen TNI Putranto Gatot Terima Tongkat Komandan Dewa Perang TNI
Farrel Hilal

Alasan Farrel Hilal Memilih Jakarta Selatan sebagai Inspirasi Lagu Debutnya

Lagu ini merupakan perwujudan dari pengalaman hidup Farrel di Jakarta Selatan, yang dipenuhi dengan cerita-cerita menarik tentang kehidupan sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024