Kongres Belum Sepakati Pengentasan “Jurang Fiskal" AS

foto ilustrasi dollar
Sumber :
  • Adri Prastowo

VIVAnews – Kongres Amerika Serikat belum juga mencapai kesepakatan untuk mengatasi krisis anggaran yang populer disebut “jurang fiskal.” Padahal tenggat waktu tinggal beberapa jam lagi sebelum Undang-Undang yang mengatur kenaikan pajak dan pemotongan anggaran di AS berlaku.

UU yang disebut ‘Budget Control Act of 2011’ itu mengatur bahwa kenaikan pajak akan berlaku otomatis pada tahun 2013 – yang artinya beberapa jam lagi. Kebijakan ini diyakini akan menghemat anggaran AS hingga US$650 miliar dalam bentuk pengurangan defisit. Namun dihawatirkan kebijakan tersebut akan membuat perekonomian AS melesu dan kembali memasuki masa krisis.

Jurang fiskal di AS sendiri terbentuk karena utang AS yang besar dan defisit anggaran AS yang melebar. Untuk mengatasi krisis anggaran itulah Budget Control Act of 2011 disusun. Namun hal itu masih terus menjadi perdebatan di Kongres hingga detik ini.

Proses negosiasi yang melibatkan Wakil Presiden Joe Biden dan pemimpin Partai Republik di Senat, Mitch McConell, menawarkan harapan terakhir untuk menghindari kenaikan pajak dan pemotongan anggaran federal dalam Budget Control Act of 2011.

“Saya yakin investor akan menunjukkan ketidaksenangan mereka atas sedikitnya kemajuan perundingan di Washington,” kata Managing Director Beam Capital Management, sebuah perusahaan penasehat investasi di New York, seperti dikutip Reuters, 31 Desember 2012.

Para pemimpin Partai Demokrat dan Republik di Senat berharap dapat mengenyahkan penghalang bagi upaya pengentasan jurang fiskal AS. Namun kedua pihak masih belum mencapai kata sepakat dan pemimpin Partai Demokrat di Senat, Harry Reid, menunda kemungkinan diambilnya keputusan apapun sampai Senin waktu setempat.

Titik masalah utama antara Partai Republik dan Demokrat adalah, apakah tarif pajak yang berlaku saat ini akan diperpanjang untuk semua orang seperti yang diinginkan Republik, atau hanya untuk mereka yang produktif dengan pendapatan di bawah US$250 ribu-400 ribu seperti yang diusulkan Demokrat.

Pedebatan alot juga terjadi pada tuntutan Republik untuk memotorng anggaran pengeluaran federal lebih besar dari yang ditawarkan Presiden Barack Obama. Lobi antara kedua kubu untuk mengatasi krisis anggaran AS, terhenti minggu lalu ketika Republik dan Demokrat menyetop perundingan. (adi)

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024