Masyarakat AS:Kongres dan Partai Republik Penyebab Krisis Ekonomi

Presiden Obama saat berpidato di lokasi penembakan di Connecticut
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque

VIVAnews - Masyarakat Amerika Serikat akan menyalahkan kongres dan partai Republik daripada Presiden Barack Obama jika keduanya tidak berhasil sepakat untuk menghindari "jurang fiskal" yang akan berlaku per 1 Januari 2013.

Hasil jajak pendapat yang diselenggarakan Wall Street Journal/NBC pada awal bulan ini menunjukkan 24 persen masyarakat Amerika akan menyalahkan partai Republik sementara 19 persen menyalahkan Demokrat.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Hasil jajak pendapat yang sama menyatakan lebih dari 50 persen masyarakat AS menyalahkan kedua belah pihak. Kedua belah pihak salah karena ngotot mempertahankan argumentasi masing-masing sehingga tidak mencapai kesepakatan.

"Partai Republik akan menerima beban tersebut karena partai Republik dipandang sebagai orang-orang yang keras kepala. Itu memang tidak adil, namun begitulah hidup," kata anggota kongres dari Partai Republik, Mitch Daniels, sepereti dikutip dari Wall Street Journal, Senin 31 Desember 2012.

Jika kesepakatan tidak diketok hingga tengah malam Senin ini, atau sebelumk pergantian tahun, maka masyarakat AS mendapatkan hadiah berupa peningkatan pajak yang tinggi. Selain itu, anggaran pemerintah federal AS akan dipotong.

Jurang fiskal dapat meredam pertumbuhan ekonomi, kepercayaan bisnis turun serta menyebarkan ketakutan di pasar keuangan. Dalam kasus terburuk, negara paman Sam ini dapt terpuruk ke dalam resesi ekonomi. (adi)

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United
 Ilustrasi sedekah

Inspirasi Membantu Sesama

"Kami berharap kegiatan ini tak hanya menjadi sekadar acara, tetapi juga menjadi momentum untuk menginspirasi orang lain agar turut berpartisipasi dalam membantu sesama."

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024