Jurang Fiskal AS, Indonesia Akan Kebanjiran Barang Impor China

Ilustrasi industri logistik
Sumber :
  • eolaspecialtyfoods.com

VIVAnews - Jika Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, bersama kongres AS gagal sepakat mengentaskan jurang fiskal, Indonesia diprediksi akan kebanjiran barang impor dari China.

Direktur The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Eny Sri Hartati, menjelaskan Amerika Serikat merupakan negara yang besar maka apapun yang terjadi di AS, seperti jurang fiskal, akan mempengaruhi perekonomian dunia, termasuk Indonesia.

Dampak langsung dari jurang fiskal, yaitu diberlakukannya pajak tinggi dan pemotongan anggaran AS ini, adalah permintaan ekspor dari Indonesia menuju AS dipastikan akan menurun, karena daya beli masyarakat negeri paman Sam ini juga ikut turun akibat pajak yang tinggi.

Selain itu ada dampak tidak langsung. Dengan penurunan permintaan impor Amerika Serikat, negara-negara tujuan utama ekspor ke AS seperti China, akan mengubah tujuan ekspornya ke negara dengan ekonomi berkembang seperti Indonesia.

"Jadi Indonesia akan kebanjiran impor dari China dan juga negara-negara lain," katanya saat dihubungi VIVAnews, Senin 31 Desember 2012. (adi)

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng
Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar “Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital” dalam rangka meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024