Tol Cikampek-Palimanan Kantongi Izin Bupati Majalengka

jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kedunghalang, Bogor
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews - Satu demi satu tahapan penyelesaian tanah di ruas tol Cikampek-Palimanan teratasi. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mendapatkan laporan bahwa pihak pemegang konsesi, PT Lintas Marga Sedaya (PT LMS) telah mendapatkan surat izin dari Bupati Majalengka.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

"Kemarin, saya terima laporannya bahwa tanggal 27 Desember2012, mereka (PT LMS) telah mendapatkan izin tertulis dari Bupati Majalengka," kata Kepala BPJT, Ahmad Ghani Gazaly kepada VIVAnews, Jakarta, Jumat, 4 Januari 2012.

Pada 2012, diketahui jalan tol ini mempunyai banyak permasalahan. Tercatat, pada awal tahun lalu ruas tol sepanjang 116 kilometer ini berperkara dengan tanah wakaf yang ada di wilayah Cirebon. Padahal, pembangunan sudah mulai dilakukan oleh PT LMS menggunakan ekuitas perusahaan.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Pengadaan tanah pun sudah mencapai 98 persen. Untuk masalah permodalan, ruas tol terpanjang di Indonesia ini juga telah menandatangani pinjaman dari sindikasi perbankan senilai Rp8,2 triliun. Namun, dana ini urung turun karena proses pengadaan tanah belum mencapai 100 persen.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, mengaku telah mengutus salah satu staf khususnya untuk membicarakan permasalahan tol ini dengan pihak terkait. Permasalahan jalan tol ini kini tinggal satu, yakni pembelian tanah dari PT Kereta Api Indonesia.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Kendati demikian, Ghani mengatakan bahwa pihak PT KAI telah mengizinkan tanah milik mereka untuk disewakan kepada PT LMS. "Hingga saat ini, progres konstruksinya masih seperti kemarin, land clearing. PT KAI juga masih melakukan proses sewa," ujarnya.

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok sejumlah preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada bela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024